3 Fakta Ancaman Varian Omicron Bisa Bikin Pemulihan Ekonomi Ambyar

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 30 Nov 2021 18:00 WIB
Virus Corona varian Omicron tengah menjadi sorotan dunia. Varian ini diketahui pertama kali terdeteksi di benua Afrika, salah satunya Afrika Selatan.
Ilustrasi/Foto: AP Photo

3. Ramai-ramai Tutup Pintu untuk Afrika Selatan

Varian Omicron yang ditemukan di Afrika Selatan telah membuat banyak negara gerak cepat untuk menutup akses WNA dari negara itu. Negara yang menutup pintu untuk Afrika Selatan, mulai dari Belanda, Jepang Australia, Filipina, hingga Arab Saudi

Begitu juga dengan Indonesia. RI menutup pintu sementara perjalanan luar negeri dari Afrika Selatan. Pemerintah melalui Kemenkumham melarang sementara WNA yang pernah tinggal atau mengunjungi Afrika Selatan masuk ke Indonesia. Pelarangan untuk mencegah Corona varian Omicron yang terdeteksi di negara tersebut.

Aturan pelarangan WNA dari Afrika Selatan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor IMI-0269.GR.01.01 TAHUN 2021 Tentang Pembatasan Sementara Orang Asing yang Pernah Tinggal dan/atau Mengunjungi Wilayah Beberapa Negara Tertentu Untuk Masuk Wilayah Indonesia dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Varian BARU COVID-19 B.1.1. 529. Surat itu diteken Plt Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana.

SE WNA dari Afsel dilarang masuk RI mulai berlaku Senin (29/11). Tak hanya itu, pemerintah juga melarang warga negara luar lain untuk masuk ke Indonesia sementara waktu. Negara yang dilarang antara lain Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria.


(ara/ara)