Paris Tak Lagi Kota Termahal di Dunia

ig - detikFinance
Kamis, 02 Des 2021 09:00 WIB
People watch a movie at HaYarkon Parks boating lake in Tel Aviv, Israel, Thursday, Aug. 20, 2020. As movie theaters in Israel remain shut because of the coronavirus outbreak, Tel Aviv Municipality launch a
Foto: AP/Oded Balilty
Jakarta -

Tel Aviv dinobatkan sebagai kota termahal di dunia untuk ditempati. 'Penobatan' peringkat kota termahal di dunia ini dirilis oleh The Economist Intelligence Unit (EIU).

Melansir dari BBC, Kamis (2/12/2021), Tel Aviv naik empat peringkat dari tempat kelima tahun lalu dan mendorong Paris turun ke urutan kedua bersama dengan Singapura. Kota yang terletak di Israel ini naik peringkat ke posisi teratas karena adanya inflasi yang melonjak dan masalah rantai pasokan mendorong harga secara global.

Sementara itu, Singapura naik dua tingkat untuk merebut posisi kedua bersama Paris, sementara Zurich dan Hong Kong berada di urutan keempat dan kelima. Sedangkan New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles, dan Osaka menduduki 10 tempat teratas yang tersisa.

Sementara itu, di sisi lain sebuah kota yang saat ini masih dilanda perang, Damaskus di Suriah, masih mempertahankan tempatnya sebagai kota yang termurah di dunia untuk ditinggali.

EIU mengatakan data yang dikumpulkan pada bulan Agustus dan September ini menunjukkan bahwa rata-rata harga barang di setiap kota yang disurvei telah naik 3,5% dalam mata uang lokal. Angka ini merupakan tingkat inflasi tercepat yang tercatat selama lima tahun terakhir.

Dari data tersebut, sektor transportasi mengalami kenaikan harga terbesar, dengan biaya satu liter bensin naik rata-rata 21% di kota-kota yang telah diteliti. Kemungkinan hal ini terjadi akibat naiknya harga minyak global, yang akhirnya mempengaruhi harga BBM secara domestik di kota-kota tersebut.

Sebagai informasi, perlu diketahui bahwa laporan yang disampaikan oleh EIU ini disusun setelah membandingkan 173 kota di seluruh dunia. Dalam penyusunannya, EIU membandingkan biaya dalam dolar AS untuk barang dan jasa di 173 kota tersebut, memperhitungkan harga dari 200 produk termasuk makanan, pakaian, perlengkapan rumah tangga, sewa rumah, transportasi, dan rekreasi.

Sedangkan untuk tahun ini, laporan tersebut mencatat data yang dikumpulkan antara Agustus dan September, ketika tarif angkutan dan harga minyak meroket sehingga membuat harga barang yang lebih tinggi.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 5 kota termahal dan termurah di dunia menurut EIU:

Lima kota termahal
1. Tel Aviv
2. Paris dan Singapura (berada di posisi yang sama)
4. Z├╝rich
5. Hongkong

Lima kota termurah
1. Damaskus
2. Tripoli
3. Tashkent
4. Tunisia
5. Almaty

Simak juga Video: Pesawat Komersil Mesir Mendarat Perdana di Bandara Tel Aviv

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)