d'Mentor

3 Hal yang Bikin Bisnis Milenial dan Gen Z bertahan

20detik - detikFinance
Jumat, 03 Des 2021 13:07 WIB
Jakarta -

Impian millennial dan Gen Z sukses di usia muda dengan memiliki bisnis. Buat kalian yang ingin bisnis bertahan, simak nasehat dari Menparekraf Sandiaga Uno soal bisnis sustainable.

"Bisnis yang akan berkelanjutan bisnis yang fokus kepada tiga P," ujar Sandiaga dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (1/12/2021)

Sandi mengatakan P yang pertama adalah kepanjangan dari Planet, bisnis yang ramah lingkungan. Sebagai pebisnis tidak hanya berpikir cuan tetapi juga dampak kepada lingkungan.

"Bisnis yang memperhatikan dampak terhadap sampah, penggunaan air dan penggunaan energi, khususnya energi baru dan terbarukan sekarang kita lihat bagaimana seluruh bisnis mulai meninggalkan energi-energi yang tidak ramah lingkungan saya juga melihat bagaimana bisnis sekarang masuk ke dalam elektrifikasi, mobil sekarang menuju elektrifikasi itu yang pertama," paparnya.

Dilanjutkan Sandi setelah ramah lingkungan. bisnis jangan memikirkan ego sendiri, tetapi juga hajat orang banyak. Manfaat yang dirasakan orang banyak akan membawa kebaikan untuk bisnis.

"Bisnis ini tidak hanya memperkaya diri sendiri, tetapi juga memberikan manfaat bagi manusia di sekitar kita dan komunitas yang ada. Bisnis kita harus berikan kemaslahatan atau kebermanfaatan, jadi P yang kedua people," paparnya

Sandi mengatakan selain ramah lingkungan dan memiliki manfaat untuk orang banyak, bisnis yang kalian bangun harus membawa kemakmuran dan kesejahteraan. Tiga rumus itu akan membawa bisnis kalian sustainable.

"Bisnis harus bawa kesejahteraan, bukan hanya bagi pebisnis saja tetapi bagi ekosistem yang ada di seputar bisnis mereka," tutup pria yang juga concern dalam bisnis kreatif ini.

(ed/gah)