ADVERTISEMENT

500 UMKM Mejeng di Pameran 3D Virtual BRILIANPRENEUR 2021, Penasaran?

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 13:16 WIB
BRI
Foto: Screenshoot
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dengan tema 'Dari Indonesia untuk Dunia'. Pameran virtual ini akan berlangsung hingga 16 Desember 2021 mendatang.

Sama seperti tahun sebelumnya, di BRILIANPRENEUR 2021, pengunjung bisa merasakan sensasi pameran nyata di dunia maya lewat gelaran 3D Virtual Expo. Dengan konsep thematical outdoor, pameran ini menyuguhkan keindahan 5 destinasi wisata di Indonesia. Yakni Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Tercatat ada sekitar 500 UMKM dari berbagai daerah yang bakal meramaikan BRILIANPRENEUR tahun ini. Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan seluruh peserta yang berpartisipasi merupakan UMKM terpilih yang telah melalui proses kurasi ketat. Menurutnya, para kurator profesional telah melakukan penilaian mulai dari segi kualitas produk, pengemasan, pemasaran, dan lainnya.

"Setiap tahun itu proses kurasi dilakukan dari bulan Januari lho. Dari januari sampai November kurasi itu terus berjalan. Sampai nanti yang dinyatakan lolos bisa ditampilkan di UMKM EXPORT BRILIANPRENEUR di bulan Desember. Setiap tahun dilakukan di Bulan Desember bertepatan dengan Ulang Tahunnya BRI. Artinya apa? Proses seleksinya ketat ini melalui proses kurasi," kata Sunarso.

Selain itu, acara ini juga menghadirkan coaching clinic, inspiration talk, do it yourself (Yuk Berkarya), dan podcast. Ada pula pertunjukan musik pada Minggu (12/12) yang membuat UMKM EXPORT Brilianpreneur semakin meriah.

Tidak hanya sampai di situ, pengunjung juga bisa menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback hingga 31 Desember 2021. Promo tersebut dapat diperoleh untuk pembelian produk via e-commerce Shopee dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan debit dan kartu kredit BRI.

Sementara itu, Senior Executive Vice President Treasury & Global Services BRI, Ahmad Royani menambahkan di ajang ini, pihaknya juga membantu mempertemukan UMKM dengan 105 potensial buyers dari 30 negara. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 90 buyer dari 24 negara.

"Dari sisi deal yang dilakukan dari event business matching, jadi kita mempertemukan UMKM dengan buyer. Di 2019 langsung secara on site ada 23 business matching, tahun lalu meningkat 74 business matching. Tahun ini kita mau capai di atas 120 business matching," tuturnya.

Dikatakannya, tahun ini BRI menargetkan nilai transaksi dari business matching mencapai US$ 65 juta. "Jadi jelas dampaknya dari event brilinapreneur ini kita dapat membantu membuka akses bagi UMKM ke pasar global, pasar internasional. Kita menciptakan lebih banyak lagi UMKM ready to export," tandasnya.

Sebagai informasi, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 bertujuan untuk mendukung pelaku UMKM unggulan di segmen industri kreatif agar produknya bisa diterima di pasar global. Seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui website brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan media sosial BRI lainnya.



Simak Video "Holding Ultra Mikro Bisa Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT