ADVERTISEMENT

3 Fakta Indonesia Jadi Leader Urusan Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 20:00 WIB
BPS telah resmi mengumumkan data pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2021. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 3,51% secara year on year (yoy).
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 20 tahun terakhir selalu berada di atas pertumbuhan ekonomi global. Pertumbuhan ekonomi Tanah Air disebut selalu konsisten.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia itu dalam 20 tahun terakhir tidak pernah di bawah pertumbuhan ekonomi global, selalu kita tumbuhnya di atas pertumbuhan ekonomi global," kata Kepala BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam webinar 'Presidensi G20 - Manfaat Bagi Indonesia dan Dunia', Senin (6/12/2021).

Berikut 3 faktanya:

1. PDB Indonesia Urutan Ke-16 di Dunia

Febrio mengatakan posisi Indonesia semakin kuat dan semakin strategis. Itu lah alasannya kenapa Indonesia bisa masuk ke jajaran 20 negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar atau G20 dengan posisi ke-16.

"Kita masuk ke G20 artinya kita adalah negara terbesar secara perekonomian. Secara umum ini adalah kumpulan 20 negara paling besar perekonomiannya di dunia, Indonesia itu nomor 16 secara PDB," jelasnya.

2. RI Jadi Leader Ekonomi Dunia

Selain Indonesia, kata Febrio, ada dua negara lagi yang pertumbuhan ekonominya selalu di atas pertumbuhan ekonomi dunia yakni China dan India. Tiga negara itu disebut jadi leader pertumbuhan ekonomi dunia.

"Negara besar seperti Amerika, Prancis, Brazil, Jepang itu silih berganti mengalami masalah dengan perekonomiannya. Dalam waktu tertentu pertumbuhannya di bawah pertumbuhan ekonomi global. Jadi Indonesia, China, dan India memang leader untuk pertumbuhan ekonomi," tuturnya.



Simak Video "Jokowi Banggakan Ekonomi RI: Kita Ini Tertinggi Loh di G20"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT