Maria Sharapova Caplok Saham Perusahaan Investasi Kripto

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 09:00 WIB
Tennis - Wimbledon - All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Britain - July 3, 2018  Russias Maria Sharapova reacts during the first round match against Russias Vitalia Diatchenko   REUTERS/Peter Nicholls
Foto: Peter Nicholls/Reuters
Jakarta -

Mantan bintang tenis papan atas Maria Sharapova ingin membuat literasi keuangan lebih mudah diakses. Juara tenis dan pengusaha itu mengumumkan bahwa dia telah mengambil sebagian saham ekuitas Public.com.

Itu adalah perusahaan yang memungkinkan setiap orang membeli dan menjual saham dan uang kripto secara online. Sharapova tidak mengungkapkan porsi sahamnya.

"Sejak saya masih sangat muda, sebagai remaja, saya mendapatkan gaji besar pertama saya dengan memenangkan Wimbledon dan sejujurnya, ruang investasi keuangan adalah salah satu yang sangat mengintimidasi," kata Sharapova kepada CNBC, disadur detikcom, Selasa (7/12/2021).

"Saya menghargai bagaimana Public lebih ramah pengguna, dan menawarkan cara sederhana untuk mendidik diri sendiri agar investasi tidak terlalu mengintimidasi," tuturnya.

Sharapova tak cuma tahu satu atau dua hal tentang menghasilkan uang. Menurut Forbes selama 11 tahun berturut-turut dia memegang gelar atlet wanita dengan bayaran tertinggi.

Public sendiri didirikan pada September 2019 oleh Jannick Malling yang kini menjabat sebagai co-CEO. Saat ini, platform yang memungkinkan pengguna untuk membangun portofolio dan berinvestasi dalam saham dan uang kripto memiliki lebih dari 1 juta pengguna, 90% di antaranya adalah investor pemula. Perusahaan mengatakan basis penggunanya tumbuh 13 kali lipat pada tahun 2020.

Public telah mengumpulkan US$ 310 juta dalam pendanaan, dengan investasi dari Accel, Greycroft, dan Lake Star. Investor besar lainnya termasuk aktor Will Smith, pemain NFL JJ Watt, maestro media Shari Redstone, pengusaha Dick Parsons, dan legenda skateboard Tony Hawk.

"Salah satu alasan terpenting dari investasi saya ke Public adalah statistik luar biasa bahwa 40% audiens di aplikasi Public adalah perempuan, yang hampir tidak pernah terdengar di ruang ini," kata Sharapova.

Selain menarik wanita, 45% pengguna Publik adalah orang kulit hitam atau kulit berwarna.

(toy/eds)