Nike Setop Jual Sepatu di Toko Olahraga Ini, Kok Tiba-tiba?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 10:22 WIB
Sneakers Spongebob Nike
Foto: Instagram/@rocnationsports
Jakarta -

Brand sepatu ternama dunia, Nike berencana tidak lagi menjual produknya ke toko sepatu lain. Hal itu dilakukan Nike kepada Designer Shoe Warehouse di AS, perusahaan yang menjual berbagai merek sepatu.

Dikutip dari CNN, Kamis (9/12/2021) Pemutusan kerja sama ini dilakukan mulai 2022. Dengan tindakan itu, Nike berencana menjual produknya di AS melalui toko, situs web, aplikasi, dan ritel sendiri.

Pengumuman ini disampaikan induk perusahaan DSW, Designer Brands (DBI) Selasa lalu. Pihaknya mengatakan Nike terakhir mengirim produk pada September lalu dan tahun depan tidak akan ada lagi sepatu Nike di rak-rak toko DSW.

Nike adalah pemasok barang atletik terbesar di DSW dan menyumbang sekitar 7% dari penjualan DSW pada tahun 2020. Meski kehilangan Nike, DSW yakin dapat menambah pendapatan dengan menumbuhkan merek atletik lainnya.

Pemutusan kerja sama kepada DSW hanyalah salah satunya. Beberapa tahun belakangan Nike sudah memutus kerja sama dengan sejumlah perusahaan penjual produk sepatu. Tujuannya, untuk meningkatkan keuntungan dan memperketat kontrol produk Nike sendiri.

Hal itu pernah disampaikan oleh Kepala Keuangan Nike (NKE) Matthew Friend. Ia menjelaskan Nike telah memutus kerja sama dengan sekitar 50% mitranya. Strategi ini dilakukan sejak 2017.

Under Armour (UA) dan Adidas (ADDDF) juga mengikuti jejak Nik. Mereka diketahui mulai memutus kerja sama dengan mitra ritelnya dan membangun layanan penjualan sendiri.

Simak juga video 'Setelah Singapura dan Vietnam, The Nike App Kini Hadir di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)