Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 11:59 WIB
Sri Mulyani: Pertamina Punya Tanggung Jawab Besar Jadi Pilar Zero Emissions
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia 2021 versi Forbes. Dia menempati peringkat 66.

Sri Mulyani kembali menjadi menteri keuangan setelah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia. Saat di Bank Dunia, dia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Selain Sri Mulyani, wanita Indonesia yang masuk ke dalam daftar adalah Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Nicke menempati peringkat 27. Dia adalah direktur wanita kedua di perusahaan minyak dan gas milik negara itu.

Siapa yang ada di peringkat pertama? dia adalah MacKenzie Scott, seorang filantropis, penulis, dan mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos, yang dinikahinya selama 25 tahun. Dia adalah wanita terkaya ketiga di dunia, tetapi aksesnya yang tak terbatas soal uang. Tekadnya untuk menyumbangkan hartanya dengan cara yang bermakna dan revolusioner lah yang menempatkannya di atas persaingan.

Menyusul di peringkat kedua adalah Kamala Harris. Pada 20 Januari 2021, Harris menjadi wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang Asia Selatan-Amerika pertama yang menjadi wakil presiden AS, mendampingi Joe Biden sebagai Presiden AS.

Christine Lagarde menempati peringkat keempat. Lagarde menjadi wanita pertama yang mengepalai Bank Sentral Eropa pada 1 November 2019. Sebagai kepala kebijakan moneter Eropa, Lagarde menghadapi ujian kritis, yakni memastikan pandemi virus Corona tidak mendatangkan malapetaka lebih lanjut di zona Euro.

Lihat video 'Analis Politik Kritik MPR Kekanakan Gegara Tuntut Sri Mulyani Mundur':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/das)