Grab Caplok Jaya Grocer, Rogoh Kocek Rp 6 Triliun!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 10:45 WIB
Jaya Grocer
Foto: Dok. Facebook Jaya Grocer
Jakarta -

Tak lama setelah jual saham di Bursa Paman Sam, Grab mengakuisisi jaringan groseri Jaya Grocer. Nilai akuisisinya sekitar US$ 353 miliar hingga US$ 42 miliar atau maksimal sekitar Rp 6 triliun.

Hal ini terungkap dalam dokumen yang dikirimkan Grab kepada otoritas Bursa Amerika Serikat (AS) U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) pada 13 Desember 2021 kemarin.

Seperti dikutip dari Mashable Asia, Rabu (15/12/2021), setelah transaksi dilakukan maka Grab akan menguasai seluruh perusahaan groseri itu, termasuk 75% saham jaringannya Jaya Grocer.

Nilai akuisisinya memang belum diumumkan ke publik, namun berdasarkan perhitungan The Edge Markets rentangnya ada di US$ 353 miliar hingga US$ 42 miliar.

"Terkait transaksi tersebut, anak usaha GHL (Grab Holdings Limited) bisa membeli sisa 25% saham Jaya Grocer setelah transaksi selesai," tulis laporan ke SEC tersebut.

Transaksi ini diperkirakan akan dilakukan pada kuartal pertama 2022. Jaya Grocer punya 40 toko yang tersebar di Malaysia, paling banyak berapa di Klang Valley dekat Kuala Lumpur.

Lihat juga video 'Sempat Error, Kini Grab Sudah Bisa Pesan Ojol dan GrabFood':

[Gambas:Video 20detik]



(ang/ang)