Kemenkop Beri Wadah buat UMKM Rintisan agar Dilirik Investor

ADVERTISEMENT

Kemenkop Beri Wadah buat UMKM Rintisan agar Dilirik Investor

Dea Duta Aulia - detikFinance
Rabu, 15 Des 2021 17:42 WIB
Menkop UKM Teten Masduki
Foto: dok. Kemenkop UKM
Jakarta -

Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB-KUMKM (Lembaga Pengelola dan Bergulir Koperasi dan UMKM) bekerja sama dengan MNC Group, Orbit Future Academy, dan Siger Innovation Hub menggelar Indonesia Fund Festival 2021 (IFF) yang diselenggarakan secara hybrid melalui channel YouTube LPDB-KUMKM dan Jakarta Concert Hall Jakarta.

Acara ini jadi solusi pendanaan buat UMKM rintisan yang ingin tumbuh dan berkembang ke level selanjutnya. Tak hanya pendanaan, ajang tersebut juga menghadirkan coaching business pitching dari beragam ahli.

"Saya me-launching Indonesia Fund Fest 2021, suatu terobosan untuk menarik investor potensial bagi UMKM yang memiliki potensi usaha untuk ditumbuhkembangkan agar naik kelas. Ini juga menjadi catatan baru lembaran baru inovasi LPDB yang beralih menjadi lembaga venture likes untuk mendukung UMKM dan Koperasi menjadi kekuatan ekonomi nasional," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulis, Rabu (14/12/2021).

Teten juga menambahan, peran UMKM dalam kehidupan masyarakat sangatlah besar. Ia menyebutkan sebanyak 97% masyarakat Indonesia bekerja di sektor UMKM.

Atas dasar tersebut, kementerian yang dipimpinnya selalu berupaya untuk mendorong UMKM untuk bertransformasi dari cara informal ke formal sehingga bisa lebih banyak lagi memberikan efek positif terhadap Indonesia.

"Pertama dengan memberikan akses pembiayaan kepada UMKM Yang tidak punya aset, kedua kita ingin menjadikan UMKM agregator untuk masuk ke dalam skala ekonomi," katanya.

Teten juga mendukung pengembangan green incubator koperasi, sebagai sarana untuk mengembangkan kolaborasi bersama antara koperasi dan UMKM.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT