#DarimanaDuitKaesang Trending Topic, Intip Gurita Bisnis Sang Anak Presiden

Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 10:33 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Belum lama ini, tagar #DarimanaDuitKaesang sempat menjadi trending topic di Twitter. Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut memang kerap kali menjadi sorotan publik.

Hal ini dikarenakan sejak usia muda, Kaesang sudah menjadi content creator, pebisnis higga investor saham. Apalagi, pamor sebagai 'anak presiden' dimanfaatkan oleh Kaesang dengan baik dalam memproduksi konten dan memperdagangkan bisnisnya.

Pada awal November lalu, Kaesang Pangarep melalui PT Harapan Bangsa Kita (GK Hebat) mencaplok 8% saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), GK Hebat membeli 188.240.000 lembar atau 8% dari seluruh saham, seharga Rp 92,24 miliar

Walaupun hanya 8% dan nilainya kurang dari Rp 100 miliar, namun angka tersebut tergolong lumayan besar untuk anak muda sekelas Kaesang yang baru berusia 26 tahun tersebut.

Terlebih sejak sang kakak, Gibran Rakabuming jadi Wali Kota Solo. Semua bisnis diserahkan kepadanya sehingga membuat deretan bisnis Kaesang Pangarep semakin panjang. Karenanya tidak heran bila Kaesang beserta sejumlah bisnisnya kerap kali menjadi buah bibir masyarakat.

Dirangkum detikcom, berikut deretan bisnisnya:

1. Hompimpa Games

Ini adalah bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games. Board game yang dihadirkan Kaesang Pangarep membawa pesan toleransi dan nilai-nilai budaya Indonesia dengan jenis-jenis permainan tradisional Indonesia.

2. Sang Javas

Selanjutnya ada Sang Javas, merk clothing line dengan gambar kecebong. Gambar Kecebong dalam desain kaosnya menarik perhatian netizen saat kaos ini pertama kali diluncurkan.

Menurut Kaesang Pangarep, gambar kecebong layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial. Di Indonesia, Cebong sendiri merupakan panggilan untuk pendukung berat Jokowi saat pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

3. Sang Pisang

Ini menjadi bisnis yang paling besar milik Kaesang Pangarep yang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet.

Diluncurkan pada November 2017, kuliner berbahan baku pisang ini dibangunnya bersama Ansari Kadir. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.500 orang.

4. Ternakopi

Selanjutnya adalah bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan Gibran Rakabuming.

5. Madhang

Kaesang juga meluncurkan aplikasi Madhang yang menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

Lihat juga video 'Fakta-fakta Kaesang Jadi Komisaris Perusahaan Raffi Ahmad':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)