Hei Anak Muda! Gaji UMR Bisa Beli Rumah Asal....

detikTV - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 16:20 WIB
Jakarta -

Punya rumah di kala usia muda, meski gaji Upah Minimum Regional (UMR) bukan isapan jempol belaka. Caranya tidak lain dengan mengatur pola pengeluaran uang kalian. Ya iya lah!

"Kalau harga properti di bawah harga under market itu banyak macam properti, ada harga pasaran, harga tengah atau nilai likuiditas (NL) bahkan jaman sekarang ini di bawah harga NJOP itu juga banyak," ujar Founder Ternak Properti, Dimas Dwi Ananto dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (15/12/2021).

Langkah pertama yang dilakukan dalam berbisnis properti adalah menguatkan niat lebih dahulu. Walaupun gaji UMR, pemasukan dan pengeluaran uang harus diatur dengan baik.

"Ketika dapat duit langsung pokoknya langsung setengah lalu sisihkan dulu, setengah lagi buat kebutuhan sehari hari," ujarnya

Dimas mengatakan setelah berhasil mengatur pola keuangan, langkah selanjutnya adalah melipatgandakan uang. Jangan biarkan uang menganggur.

"Makanya duit itu bisa kita namakan profit. Apapun barang bisa dijual, disewa lagi dan lipat gandakan uang kita dari hasil uang yang kita simpan. Makanya dari itu masih muda jangan terlihat nampak kaya, lebih baik dapat duit sisihkan dulu baru dihabiskan," tutup Dimas.

(ed/gah)