Begini Sejarah IM2 yang Baru Dibubarkan

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 19 Des 2021 09:45 WIB
Jaksa Eksekusi Rp 1,3 T Kasus Korupsi Indar Atmanto, Aset Indosat IM2 Disita
Foto: dok. Kejagung
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu operator IM2. Sebagian masyarakat RI pasti juga ada yang berlangganan dan menggunakan IM2, sebagai akses handphone dan jaringan internet.

Singkatnya, IM2 yang dimiliki oleh PT Indosat Mega Media (IM2) merupakan perusahaan yang membangun dan menyediakan layanan internet, untuk konsumen dan korporasi.

Sayangnya, PT Indosat Tbk (ISAT) mengumumkan anak usahanya itu resmi telah dibubarkan dan dilikuidasi. Ini adalah babak baru dari kasus korupsi perusahaan yang merugikan negara.

Sebelum akhirnya dibubarkan, IM2 memiliki sejarah panjang dalam mendaratkan bisnis di layanan internet.

Perusahaan pertama kali diresmikan pada 1996 dan mulai operasi penyediaan layanan TV dan internet pada 1998. Demikian dikutip dari laman resmi Indosat M2, Minggu (19/12/2021).

Masuk ke tahun 2000, PT Indosat Tbk. menyerahkan bisnis unit internetnya (INDOSATnet) ke IndosatM2. Sejak saat itu IndosatM2 resmi menjadi penyedia ISP (Internet Service Provider) dan INP (Internet Network Provider).

Layanan internet IM2 terus dikembangkan, mulai dari peluncuran IM2 internet prabayar, IM2 hotspot, memperluas satelit untuk wilayah terpencil, hingga menyediakan meluncurkan Super WiFi untuk seluruh kota besar di RI. Perkembangan itu dilakukan dari 2002 hingga 2013.

Masuk ke 2016, Indosat M2 membuat kemitraan dengan Google Inc. untuk memberikan Google Chromecast & Chromebook. Bisnis juga masih terus berkembang. Pada 2018, perusahaan ini mendirikan Konsorsium IPTV dengan Nexmedia dan Skynet untuk menawarkan layanan IPTV.

Pada 2019 Transformasi bisnis FTTH (Fiber to the Home) menuju FTTP (Fiber to the Premises) dan 2020 Memperluas product overlay untuk seluruh fixed broadband network.

IM2 memiliki dua segmen layanan internet, pertama untuk konsumen. Segmen ini disediakan FTTH IM2 yan menyediakan layanan internet rumahan dan juga menyediakan Fiber to BTS.



Simak Video "Indosat Ooredoo Hutchison Bersiap Cabut Jaringan 3G"
[Gambas:Video 20detik]