Kronologi Kasus Indosat M2: Mantan Dirut Dibui-Perusahaan Dibubarkan

ADVERTISEMENT

Kronologi Kasus Indosat M2: Mantan Dirut Dibui-Perusahaan Dibubarkan

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 19 Des 2021 13:30 WIB
Jaksa Eksekusi Rp 1,3 T Kasus Korupsi Indar Atmanto, Aset Indosat IM2 Disita
Foto: dok. Kejagung
Jakarta -

PT Indosat Tbk (ISAT) mengumumkan anak usahanya PT Indosat Mega Media (IM2) resmi dibubarkan dan dilikuidasi. Ini menjadi babak baru dari kasus korupsi perusahaan yang disebut juga telah merugikan negara.

Dalam catatan detikcom, dikutip Minggu (19/12/2021) Perkara tersebut bermula setelah mantan Direktur Utama IM2 Indar Atmanto melakukan perjanjian kerjasama dengan PT Indosat untuk penggunaan bersama frekuensi 2,1 GHz.

Kerja sama yang terjalin dari 2006-2012 dinyatakan melanggar peraturan-perundangan yang melarang penggunaan bersama frekuensi jaringan. Akibatnya IM2 tidak membayar pajak kepada negara terkait pemakaian frekuensi. Oleh sebab itu kasus ini menyebabkan kerugian negara Rp 1,35 triliun.

Masuk ke tahun 2013, Pengadilan Tipikor Jakarta menjatuhkan hukuman kepada Indar selama 4 tahun penjara. Tidak hanya itu, majelis hakim Antonius Widijantono menjatuhkan hukuman pidana uang pengganti kepada IM2 sebesar Rp 1,3 triliun.

Pada 2014, Kejaksaan Agung (Kejagung) mengeksekusi putusan kasasi Indar Atmanto. Indar dinyatakan bersalah atas kasus dugaan korupsi pengadaan jaringan 2,1 GHz/3G PT Indosat dan divonis 8 tahun bui.

Selain penjara selama delapan tahun, Indar juga harus membayar denda Rp 300 juta subsider kurungan 6 bulan. Indar dieksekusi ke LP Sukamiskin.

Dalam putusan Kasasi itu, MA juga menghukum PT Indosat Mega Media (IM2) untuk membayar uang pengganti Rp 1.358.343.346.670. Kejagung selaku eksekutor akan memerintahkan IM2 untuk membayar uang pengganti tersebut.

Pada 2015, Indar Atmanto mengajukan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agama (MA). Tetapi PK itu ditolak.

Lanjutkan membaca -->



Simak Video "Indosat M2 Dibubarkan, 350 Karyawan Di-PHK dan Siap Demo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT