ADVERTISEMENT

Swasta Diminta Ikut Lestarikan Lingkungan, Bagaimana Caranya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 25 Des 2021 16:18 WIB
Pulau Kalimantan disebut sebagai salah satu paru-paru dunia karena luas hutannya yang mencapai hingga 40,8 juta hektar. Beginilah potret hijaunya hutan Kalimantan.
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto

Danone Indonesia setiap dua tahun sekali konsisten mengeluarkan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) baik dari sisi Danone-AQUA maupun dari Danone SN Indonesia. Laporan Keberlanjutan Danone Indonesia disusun menggunakan framework Global Reporting Initiative (GRI) Standard, serta menghimpun berbagai program dalam pelestarian alam, edukasi nutrisi, inovasi produk berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan, pemberdayaan masyarakat dan komunitas di sekitar lokasi perusahaan, internal perusahaan, serta pelibatan berbagai sektor.

Laporan Keberlanjutan adalah bentuk transparansi dan akuntabilitas atas proses dan dampak bisnis kami untuk dikomunikasikan kepada pemangku kepentingan. Agenda SDGs tidak hanya merupakan komitmen global yang dijalankan semua negara, namun menjadi panduan bagi Indonesia menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Menyadari pentingnya peran perusahaan dalam hal ini, hingga 2020 Danone-AQUA telah menanamkan 2,4 juta pohon, mencapai target 1,15 water ratio, mengurangi 14,77% penggunaan energi total dibandingkan 2019, menghemat energi hingga total 149.713 Giga Joule, dan berhasil melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca sebanyak 157.597 Ton Co2 Eq selama periode 2019-2020.

Seluruh pabrik Danone-AQUA juga telah tersertifikasi Food Safety System Certification (FSSC), 92% telah menggunakan pemasok lokal, dan mencatat nol insiden terkait dengan ketidakpatuhan informasi serta pelabelan produk dan jasa.

Hingga akhir 2020 Danone-AQUA juga mencatat 363.000 penerima manfaat program WASH di 34 kabupaten/kota di Indonesia, lebih dari 500 pelaku UMKM menerima manfaat program DAMPING, 318 lahan pertanian berkelanjutan di 18 lokasi, serta 8.000 Ibu Rumah Tangga menjadi bagian dari program AQUA Home Service.

Pencapaian Danone SN Indonesia hingga 2020 Danone SN Indonesia juga konsisten mendukung tumbuh kembang anak Indonesia. Untuk mendukung dari segi inovasi, Danone SN Indonesia meresmikan Danone Nutricia Research Sarihusada R&I Center, sebuah pusat penelitian bertaraf internasional di Yogyakarta. Dalam hal pencegahan stunting, program 'Aksi Cegah Stunting' juga terus digalakkan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendorong replikasi program ini di daerah lainnya.

Melalui Laporan Keberlanjutan ini, Danone Indonesia memaparkan visi, strategi, hingga capaian kinerja keberlanjutannya selama dua tahun terakhir. Laporan Keberlanjutan merupakan manifestasi bagi Danone Indonesia untuk terus berinovasi dan memegang teguh peran penting perusahaan sebagai force for good, atau kekuatan untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan serta masyarakat di manapun berada.

Dengan peluncuran Laporan Keberlanjutan ini, diharapkan dapat memberikan informasi secara transparan kepada para pemangku kepentingan tentang sejauh mana pencapaian inisiatif keberlanjutan tersebut serta dampaknya di seluruh rantai bisnis Danone Indonesia.


(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT