Gokil! Ada Penemuan Ribuan Harta Karun Emas Rp 190 M, di Sini Lokasinya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 11:42 WIB
Heboh penemuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi, Sumatera Selatan, masih menjadi sorotan.
Ilustrasi Harta Karun
Jakarta -

Puluhan ribu koin bersejarah ditemukan di pulau Jersey, Inggris. Totalnya ada 69.347 koin, nilainya diduga bisa mencapai 10 juta pound sterling setara Rp 190 miliar (kurs 19.000).

Dikutip dari Daily Mail, Senin (27/12/2021) koin-koin itu ditemukan oleh dua orang pencari logam amatir. Reg dan Richard Miles sudah tahu informasi tentang timbunan koin itu sejak 1980-an dari seorang wanita yang mengatakan bahwa dia telah melihat sesuatu yang tampak seperti kancing perak.

Setelah puluhan tahun, baru pada 2012 mereka menemukan puluhan ribu koin tersebut. Koin yang ditemukan jenisnya mulai dari perak hingga emas Romawi serta Celtic. Total beratnya tiga perempat ton dan berukuran 140 x 80 x 20cm yang bernilai 10 juta pound sterling.

Timbunan koin emas itu kemudian dinyatakan sebagai 'harta karun' oleh Pemerintah, yang berarti bahwa koin-koin itu menjadi milik Ratu Inggris. Dengan temuan itu, Reg dan Richard Miles dibayar oleh pemerintah Inggris sebesar 4,25 juta pound sterling untuk membeli koin-koin tersebut.

Harga itu disetujui oleh Menteri dan diambil dari dana pemulihan aset sipil Inggris. Setelah dibeli pemerintah, artinya koleksi koin bersejarah akan tetap berada dalam perawatan Jersey Heritage, sebuah tempat perawatan barang bersejarah Inggris.Untuk itu Jersey Heritage, diberikan dana senilai 250.000 pound sterling.

Simak juga Video: Melihat Budi Daya Vanili di Perbukitan Menoreh, 'Emas Hijau' Kulon Progo

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)