ADVERTISEMENT

Harga Cabai Rawit dan Telur Melonjak, Pemprov Jatim Pakai Jurus Ini

Faiq Azmi - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 21:00 WIB
Emil Dardak
Foto: Faiq Azmi
Surabaya -

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Jawa Timur mulai merangkak naik. Bahkan, untuk cabai rawit, naik dua kali lipat lebih dibanding harga saat awal bulan Desember.

Dilihat dari laman siskaperbapo.jatimprov.go.id, harga cabai rawit per 1 Desember 2021, rata-rata Rp 36.678 per Kg. Namun, per 27 Desember 2021, harga cabai rawit naik dua kali lipat lebih menjadi Rp 83.810.

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menyebut, kenaikan harga cabai rawit disebabkan oleh musim hujan. Banyak tanaman cabai yang rusak dan gagal panen akibat curah hujan yang tinggi.

"Harga cabai kalau musim hujan memang mesti naik, dan cabai ini kan tanaman musiman. Cabai itu punya tendensi naik di musik hujan, karena kegagalan panen. Jadi hukum suplai demand, pada musim tertentu akhirnya harga naik," kata Emil di Surabaya, Senin (27/12/2021).

Emil mengungkapkan, ada sejumlah upaya Pemprov Jatim untuk mengantisipasi naiknya harga cabai saat musim hujan. Di antaranya mendorong industri besar maupun UMKM untuk menyerap cabai saat jumlah panen surplus menjadi sambal kemasan.

"Kita mendorong industri yang bisa menyerap cabai untuk diolah menjadi kemasan. Tidak semua memang bisa, ada juga masyarakat yang harus ngulek sambal pakai cabai langsung. Sambal olahan ini yang sekiranya bisa jadi alternatif saat harga tinggi seperti ini, itu salah satu cara. Ada saat cabai itu harganya terjun bebas, nah saat surplus itu bisa diolah menjadi produk kemasan," bebernya.

Selain itu, Pemprov juga melalui Disperindag Jatim membuka ruang untuk rumah tangga menanam cabai di rumah sendiri. Namun, secara kuantitas memang belum memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Ya memang situasi ini harus dihadapi. Kesulitan kita, saat operasi pasar pun cabai ini memang barangnya gak ada. Ini bukan permainan suplier, memang situasi real di lapangan," bebernya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT