ADVERTISEMENT

Daftar Harga Cabai Rawit Hingga Telur di Bantul, Semua Masih Tinggi!

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 12:27 WIB
harga pangan
Harga Pangan Masih Tinggi
Bantul -

Menjelang tahun baru, harga cabai, minyak goreng, hingga telur di pasaran masih meningkat drastis. Kenaikan harga tersebut dipicu mulai dari faktor cuaca hingga minimnya pasokan barang.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Bantul Jumini (58) mengatakan, harga cabai rawit saat ini mengalami penurunan. Meski turun, tapi harga cabai tersebut masih tergolong mahal.

"Untuk cabai rawit Rp 80 ribu per kilogram, cabai keriting merah Rp 40 ribu dan cabe keriting hijau Rp 20 ribu. Jadi yang naik harga cabai rawit, naiknya sebelum Natal itu, karena sebelum Natal harganya Rp 60 ribu (per kilogram)," katanya kepada detikcom, Selasa (28/12/2021).

Jumini menyebut, kenaikan harga cabai karena pengaruh musim hujan. Di mana banyak tanaman cabai milik petani yang rusak akibat musim hujan. "Naiknya karena musim hujan, lan jadi banyak yang mati tanaman cabainya. Terus karena banyak tanaman (cabai) yang rusak otomatis minim pasokan cabai dari produsen," ujarnya.

harga panganHarrga cabai masih tinggi Foto: Pradito Rida Pertana

Menyoal omzet selama melejitnya harga cabai, Jumini mengaku mengalami penurunan. Mengingat daya beli masyarakat saat ini menjadi berkurang. "Karena harganya naik jadi sepi ini. Tapi tidak sepi sekali, kalau yang beli masih ada tapi hanya sedikit karena harganya naik," ucapnya.

Pedagang cabai lainnya, Ami mengungkapkan, bahwa saat Natal harga cabai rawit mencapai Rp 100 ribu/kilogram. Sedangkan pekan ini harga cabai turun meski tidak signifikan. "Kemarin hari Sabtu (25/12) sempat Rp100.000 per kilogram. Tapi sekarang turun, antara Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu perkilogramnya," katanya.

Ami menilai naiknya harga cabai bukan karena menjelang nataru, namun lebih kepada faktor cuaca. Menurutnya, apabila musim hujan telah selesai harga cabai akan berangsur-angsur normal.

"Lama tidaknya kenaikan harga cabai rawit tergantung ada tidaknya hujan, jadi tidak tergantung Natal dan tahun baru," ujarnya.

Harga telur di Bantul juga masih tinggi. Klik halaman berikutnya

Lihat juga Video: Pedasnya Harga Cabai Rawit hingga Rp 120 Ribu/Kg, Ini Penyebabnya...

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT