Sampaikan Selamat Tahun Baru, Airlangga Bicara Pandemi-Ekonomi

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 31 Des 2021 23:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Kemenko Perekonomian: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Jakarta -

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan harapan terkait kondisi Indonesia di 2022. Airlangga berharap selalu ada semangat baru untuk bangkit dari pandemi.

Selain itu, tentunya keyakinan dalam pemulihan kebangkitan perekonomian ke depan. "Kerja sama, kolaborasi dan optimisme serta kerja keras tentu sangat dibutuhkan oleh kita semua," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram resminya @airlanggahartarto_official, Jumat (31/12/2021).

Harapan dan optimisme itu seiring dengan Indonesia menjadi tuan rumah Presidensi G20. Airlangga juga berharap Presidensi G20 menjadi ladang transformasi sosial ekonomi bagi negara-negara berkembang

"Terutama terkait keberadaan vaksin obat-obatan yang lebih adil dan merata. Dari segi akses sebuah transformasi sosial ekonomi akan lebih baik bukan hanya dalam konteks lokal dan nasional tapi regional dan global khususnya bagi negara-negara berkembang," tambahnya.

Semua harapan itu, menjadi transformasi setelah 2 tahun berlalu Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19. Menurutnya, selama ini semua pihak telah bergotong-royong dalam mengendalikan pandemi, baik dari sisi hulu ke hilir.

Dari sisi ekonomi pemerintah terus memberikan dukungan dan menjaga daya beli masyarakat serta keberlangsungan dunia usaha. Melalui sebagai stimulus keuangan atau fiskal yang mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia.

"Sekaligus menekan kesenjangan angka kemiskinan ekstrim dan juga melalui berbagai program dan kerja nyata," ujarnya.

"Insyaallah dengan izin Tuhan yang Maha Esa kita pasti bisa menghadapi pandemi COVID-19. Saya beserta keluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022, jaya makmur, adil dan maju berkah senantiasa bagi negara dan bangsa indonesia," tutupnya.

(hns/hns)