Ini yang Harus Kamu Tahu Jika Maskapai Batalkan Penerbangan

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 01 Jan 2022 19:00 WIB
Wisatawan melewati Bandara Internasional Salt Lake City Senin, 27 Desember 2021, di Salt Lake City. (Foto AP/Rick Bowmer)
Foto: AP/Rick Bowmer
Jakarta -

Dunia tengah dilanda varian baru dari COVID-19 yakni Omicron. Banyak negara akhirnya membatasi perjalanan luar negeri. Akibatnya, maskapai pun banyak yang membatalkan penerbangannya.

Misalnya, seperti di Amerika Serikat. Maskapai penerbangan AS telah membatalkan 10.000 penerbangan ke luar negeri. Pembatalan ini termasuk terjadi di maskapai, termasuk Delta, United, JetBlue, Alaska, dan SkyWest.

Berikut ini serba-serbi yang harus kamu ketahui saat maskapai membatalkan penerbangan, dikutip dari CNBC, Sabtu (1/1/2021).

Pengembalian Uang

Biasanya, jika maskapai tiba-tiba membatalkan penerbangan akan diberikan beberapa alternatif sebagai ganti rugi dari pembatalan itu. Salah satunya pengembalian uang tiket penerbangan.

Department of Transportation AS (DOT) mengatakan, dalam pengembalian uang tersebut juga terdapat beberapa ketentuan. Misalnya, faktor yang menentukan apakah penumpang berhak mendapatkan pengembalian itu.

Pemesanan Ulang Tiket (Reschedule)

Bisanya, maskapai akan membatalkan penerbangan jauh penumpang tiba di bandara. Jadi hal itu bisa menjadi kesempatan penumpang mengubah jadwal penerbangan.

Rekomendasi dari perubahan jadwal ini dilakukan menggunakan aplikasi pemesanan tiket di masing-masing maskapai. Sebab jika mengandalkan telepon layanan maskapai akan memakan waktu berjam-jam.

Penumpang Batal Terbang

Semasa pandemi ini, terutama sejak masuknya varian baru COVID-19 seperti Omicron, maskapai terus memperkatat jalur pemeriksaan. Mulai dari, pemeriksaan vaksinasi, test COVID-19 hingga karantina.

Pengetatan pemeriksaan ini tentu juga dilakukan sebelum penerbangan. Contohnya tes COVID-19 hingga vaksinasi. Nah jika saat mau terbang terdeteksi positif COVID-19 besar kemungkinan penerbangan penumpang tersebut akan batal.

Jika hal itu terjadi, sebelum memesan tiket penerbangan coba mengecek terlebih dahulu bagaimana ketentuan saat penumpang terdeteksi COVID-19 dan menyebabkan penerbangan tertunda. Apakah bisa mengganti jadwal atau pengembalian uang.

Simak juga Video: Awal Tahun, Bandara Soetta Ramai Penumpang Perjalanan Domestik

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)