Kenapa Insentif Prakerja Gagal Cair? Begini Cara Mengatasinya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 16:03 WIB
Ilustrasi Uang
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra / detikcom
Jakarta -

Sebelumnya Program Kartu Prakerja telah dibuka sebanyak 22 gelombang dari 2020 hingga 2021 kemarin, namun ada sejumlah peserta Prakerja ini yang mengalami kendala. Salah satunya adalah kenapa insentif Prakerja gagal cair.

Padahal bagi peserta yang telah menyelesaikan pelatihan pertama, mereka dapat segera menerima dana insentif dari Prakerja. Hanya saja sejumlah peserta mengalami insentif Prakerja gagal cair.

Nantinya insentif program Prakerja yang dapat diterima oleh peserta terdiri dari 2 (dua) jenis, yakni insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Serta insentif yang kedua adalah insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000 per survei.

Secara umum alasan kenapa insentif Prakerja gagal cair bisa dikarenakan:
1. Belum mengisi ulasan (review) pelatihan di dashboard.
2. Belum memberikan penilaian (rating) pelatihan di dashboard.
3. Nomor rekening atau akun e-wallet yang Sobat daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif.
4. Akun e-wallet Sobat belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto).
5. Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

Perlu diingat kalau dana insentif akan dikirim ke e-wallet milik peserta setelah mereka mendapat notifikasi jadwal pengiriman insentif.

Jika peserta belum menerima jadwal pencairan insentif di dashboard Prakerja miliknya, peserta diminta untuk pastikan kembali bahwa dirinya sudah menyelesaikan pelatihan serta memberikan rating dan ulasan pelatihan.

Kemudian peserta perlu untuk menunggu selama 1x24 jam untuk sinkronisasi jadwal pencairan insentif miliknya. Jika belum menerima insentif padahal sudah ada jadwal pencairan insentif di dashboard, peserta diminta untuk menunggu.

Sebab pencairan insentif program Prakerja dilakukan secara bertahap. Lakukan pengecekan dashboard dan riwayat rekening bank atau e-wallet yang telah terhubung dengan akun Prakerja secara berkala.

Jika dalam waktu 5 hari kerja peserta masih belum menerima insentif program Prakerja atau insentif Prakerja gagal cair, peserta diminta untuk segera hubungi Call Center Kartu Prakerja. Untuk informasi lebih lengkap, peserta dapat cek di: www.prakerja.go.id/tanya-jawab.

(eds/eds)