Ngeri! Hampir 16 Ribu Anak Buah Sri Mulyani Kena COVID-19

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 18:07 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan ngerinya COVID-19. Dia bercerita ada belasan ribu orang karyawan Kementerian Keuangan terjangkit COVID-19 di tahun 2021.

Dia mengatakan ada 15.917 orang karyawan Kemenkeu yang terjangkit COVID-19. Bukan cuma itu, 130 orang di antaranya meninggal imbas COVID-19.

"Nyaris 16 ribu orang di Kemenkeu kena COVID, ada sekitar 15.917. Bayangkan pasukan kita yang kerja kelola keuangan negara, kita sendiri terkena COVID 130 jajaran Kemenkeu gugur kena COVID-19," papar Sri Mulyani dalam kunjungannya ke Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (5/1/2022).

Sri Mulyani menilai sangat lah tidak mudah melalui tahun 2021. Di tahun 2021 kemarin, strategi yang disiapkan adalah pemulihan ekonomi. Namun yang terjadi justru gelombang peningkatan kasus terus terjadi sejak awal tahun pasca musim libur natal dan tahun baru.

"Tahun itu nggak mudah, kami masuk optimis dengan asumsi pemulihan ekonomi smooth. Di 2021 awal justru malah naik kasus COVID-19 karena orang liburan nataru," ujar Sri Mulyani.

Pemerintah pun melakukan berbagai pembatasan sosial yang akhirnya menekan perkonomian. Pembatasan itu pun berlanjut hingga ke tengah tahun, yang membuat ekonomi yang sempat tumbuh baik justru melambat lagi.

"Ekonomi nyungsep lagi karena ada PPKM. Awalnya sudah tumbuh sampai di 7% sekarang malah jadi 3%," ujar Sri Mulyani.

Awal tahun ini, giliran varian Omicron yang menjadi kewaspadaan pemerintah. Meski begitu sejauh ini penyebaran kasus Omicron masih bisa terkontrol dengan baik.

Penambahan kasus aktif di Indonesia masih di bawah 200 per hari. Sri Mulyani yakin, varian Omicron bisa kendalikan bila semua pihak bekerja sama untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Omicron ini bisa dikendalikan kalau kita bisa disiplin," kata Sri Mulyani.



Simak Video "Sri Mulyani soal Subsidi Rp 350 T: Agar Harga Listrik-BBM Tak Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)