Miliarder Bagikan 'Mantra' Sukses ke Anak Muda, Apa Isinya?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 09:35 WIB
Business achievement concept with happy businesswoman relaxing in office or hotel room, resting and raising fists with ambition looking forward to city building urban scene through glass window
Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta -

Seorang investor dan miliarder asal Amerika Serikat (AS) Ray Dalio memberikan nasihat bagi anak-anak muda. Menurutnya, bekerja bersama atau kolaborasi merupakan cara paling efektif untuk mencapai kesuksesan.

Miliarder itu menyebut, saat beberapa orang bekerja sama untuk membangun suatu bisnis akan terlihat apa kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Dengan begitu, satu sama lain bisa menutupi kekurangan dan meningkatkan kelebihan.

"Ada orang yang memiliki kekuatan, di mana Anda juga memiliki kelemahan dan Anda memiliki kekuatan, di mana rekan kerja Anda juga memiliki kelemahan. Mengetahui dan bekerja bersama ini adalah cara paling efektif untuk mencapai kesuksesan," kata Dalio, dikutip dari CNBC, Kamis (6/1/2022).

"Jika Anda tidak tahu tentang kelemahan Anda, Anda tidak bisa menyiasatinya," tambahnya.

Saran ini sesuai dengan rekam jejak Dalio. Sejak mengundurkan diri sebagai CEO Bridgewater pada tahun 2011, miliarder tersebut menjadi terkenal karena filosofinya dalam bekerja secara kolaboratif.

Dalio juga pernah mengemukakan teori 1 + 1 = 3. Teori itu untuk menggambarkan bahwa dua orang yang berkolaborasi dengan baik, maka akan tiga kali lebih efektif dari daripada masing-masing berdiri secara independen.

"Masing-masing akan melihat apa yang mungkin dilewatkan oleh yang lain. Ditambah lagi, mereka dapat memanfaatkan kekuatan satu sama lain sambil meminta pertanggungjawaban satu sama lain dengan standar yang lebih tinggi," pungkasnya.

Simak juga Video: CT Ungkap 10 Poin Kiat Sukses Jadi Pengusaha di Kongres Ekonomi MUI

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)