Simak! Ini 12 Momen Penting Kripto Sepanjang 2021

- detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 09:37 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sepanjang 2021 nilai pasar kripto melampaui US$ 3 triliun. Selain itu nilai dari aset digital lainnya, seperti token yang tidak dapat dipertukarkan atau NFT, berhasil dijual seharga jutaan dolar.

Semua hal ini menunjukkan betapa populernya mata uang kripto sepanjang 2021. Mengutip CNBC, Selasa (28/12/2021), berikut 12 momen penting yang terjadi pada kripto sepanjang 2021:

1. Nilai Pasar Bitcoin Lampaui US$ 1 T

Pada 19 Februari 2021, nilai pasar Bitcoin mencapai US$ 1 triliun untuk pertama kalinya. Loncatan nilai pasar kripto ini terjadi setelah investor institusional besar dan perusahaan keuangan terkemuka mulai mendukung penggunaan mata uang digital ini di awal tahun. Sebut aja Tesla, Square dan MicroStrategy yang mulai menggunakan uang mereka untuk membeli Bitcoin.

2. Minat NFT Meledak

Ketika Mike Winkelmann (artis yang dikenal sebagai Beeple) menjual karyanya yang berjudul "Everydays: The First 5000 Days" sebagai NFT pada bulan Maret, minat masyarakat terhadap NFT jadi meledak-ledak.

Penjualan ini mendorong arus utama NFT yang tidak terlihat sebelumnya. Secara keseluruhan, pada 2021 pasar NFT jadi memiliki tahun terbaiknya dengan volume perdagangan lebih dari US$ 23 miliar.

3. Elon Musk Bikin Dogecoin Melesat

Pada bulan Mei, tepat sebelum Elon Musk melakukan debutnya di acara "Saturday Night Live", harga Dogecoin mulai melonjak. Pada 8 Mei, hari kemunculan Musk di SNL, Dogecoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar 73 sen.

Hanya saja saat itu harganya dengan cepat turun dari puncak. Saat Musk muncul di acara itu, Dogecoin turun 29,5% menjadi 49 sen. Ini merupakan bagian dari naik-turunnya Dogecoin sepanjang 2021.

4. Bitcoin Jadi Alat Pembayaran di El Salvador

Pada bulan Juni, El Salvador mengeluarkan undang-undang baru untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah dan menjadikannya sebagai negara pertama yang melakukannya.

Undang-undang mengizinkan Bitcoin untuk digunakan sebagai pembayaran barang dan pajak di El Salvador. Bisnis dapat memberi harga barang-barang mereka dalam Bitcoin, dan pertukaran tidak akan dikenakan pajak capital gain.

5. Ethereum Upgrade

Pada bulan Agustus, Ethereum sempat melakukan upgrade besar. Upgrade besar itu yakni Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559.

Saat ini, Ethereum beroperasi pada model bukti kerja, di mana penambang harus bersaing untuk memecahkan teka-teki kompleks untuk memvalidasi transaksi. Model ini mendapat banyak kritik karena dampak lingkungannya karena membutuhkan daya komputer yang sangat besar.

Pada tahun 2022, Ethereum berencana untuk beralih ke model bukti kepemilikan, di mana pengguna hanya dapat memvalidasi transaksi sesuai dengan berapa banyak koin yang mereka pegang, daripada rig penambangan intensif energi yang digunakan sekarang. Langkah ini merupakan bagian dari penggabungan ke Ethereum 2.0, atau Eth2.

Berlanjut ke halaman berikutnya.