DJP Online: Cara Daftar Mudah buat Lapor SPT Tahunan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 11 Jan 2022 17:30 WIB
Wajib pajak melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak 2019 secara online menggunakan gawai di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/3/2020). Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mencatat, sebanyak 96 persen dari 6,27 juta Wajib Pajak (WP) orang pribadi (OP) melaporkan SPT Pajak secara online melalui e-filling maupun e-SPT. FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari/aww.
Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI
Jakarta -

Layanan DJP Online makin memudahkan masyarakat dalam mengurus pajak. Segala urusan pajak mulai dari melaporkan SPT tahunan hingga bayar pajak bisa dilakukan sendiri tanpa perlu antre di kantor pajak.

Hanya dengan koneksi internet pembayaran dan pelaporan pajak menjadi lebih efisien dan cepat dilakukan. Namun untuk dapat menggunakan layanan DJP Online, masyarakat harus lebih dahulu membuat dan mengaktifkan e-FIN (Electronic Filling Identification Number).

Nomor e-FIN selanjutnya bakal berguna untuk membuat akun DJP Online. Setelah akun DJP Online dibuat maka masyarakat bisa menggunakannya untuk lapor SPT tahunan (e-Filing) dan membayar pajak (e-Billing).

Lalu bagaimana cara biar bisa lapor SPT Tahunan lewat DJP Online? Caranya mudah, yang jelas siapkan dulu akun DJP Online dan buka layanan e-filling di situs www.djponline.pajak.go.id/. Jangan lupa siapkan juga bukti potong formulir 1721 A1 juga.

Cara lapor SPT Tahunan lewat DJP Online:

1. Buka website DJP Online
2. Klik e-filing
3. Klik buat SPT
4. Pilih SPT 1770 S atau 1770 SS
5. Lalu isi SPT langkah demi langkah
6. Setelah selesai mengisi klik kirim SPT
7. Wajib pajak akan mendapatkan tanda terima elektronik SPT Tahunan yang dikirimkan ke email.

Cara buat akun DJP Online:

1. Kunjungi laman pajak.go.id/registrasi lewat aplikasi browser Anda.

2. Isi data dengan nomor NPWP dan kode e-FIN yang telah Anda miliki. Tulis angka NPWP tanpa tanda titik dan setrip. Pastikan juga kode e-FIN Anda telah diaktivasi di loket yang ada di KPP. Setelah itu isi kode keamanan sesuai yang telah disediakan. Jika sudah klik Verifikasi.

3. Setelah semuanya beres, masuk ke akun Anda dan tuliskan email, nomor HP yang aktif, dan kode keamanan. Anda akan diminta membuat password yang digunakan untuk login DJP Online. Klik Simpan setelah selesai membuat password.

4. Cek email yang Anda daftarkan. Klik tautan yang dikirimkan oleh DJP Online untuk mengaktifkan akun. Anda akan mendapatkan pemberitahuan Aktivasi Akun Berhasil. Klik Ok untuk masuk ke menu log in.

5. Langkah selanjutnya adalah masuk ke akun DJP Online dengan mengisi NPWP dan password. Jika berhasil log in berarti akun Anda telah berhasil diaktifkan.

6. Akun DJP Online tersebut bisa Anda gunakan untuk lapor SPT tahunan (e-Filing) dan membayar pajak (e-Billing).

(hal/ara)