ADVERTISEMENT

Tingkat Kemiskinan Boleh Tinggi, Tapi Provinsi Ini Tetap Bahagia

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 15:14 WIB
Pemerintah mengungkapkan bahwa sekitar 10,86 juta jiwa penduduk Indonesia mengalami kemiskinan ekstrem pada 2021. Mengatasi hal itu, pemerintah akan memberikan subsidi dan pemberdayaan.
Ilustrasi/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Kesejahteraan biasanya menjadi faktor kebahagiaan masyarakat dalam suatu wilayah. Tetapi, ternyata ada wilayah yang memiliki tingkat kemiskinan tinggi tapi indeks kebahagiaannya juga tinggi.

Dalam Publikasi Indeks Kebahagiaan 2021 dari Badan Pusat Statistik (BPS), menyebut tingkat kemiskinan tidak selalu berhubungan dengan tingkat kebahagiaan. Salah satu contohnya adalah Provinsi Papua Barat.

Persentase penduduk miskin di Papua Barat relatif tinggi di atas 20%, sementara tingkat kebahagiaannya juga tinggi yakni di atas 74%. Demikian dikutip Rabu (12/1/2022). Hal ini menggambarkan bahwa tingkat kemiskinan tidak selalu berhubungan dengan tingkat kebahagiaan.

"Nampaknya hal ini juga sejalan dengan kondisi di Indonesia saat ini. Kebahagiaan subjektif tidak selalu berkaitan dengan status ekonomi. Ada banyak cara dalam menemukan kebahagiaan yang tidak selalu berhubungan dengan pendapatan. Dengan demikian, orang miskin tetap bisa bahagia," tulis data BPS.

Urutan kedua ada Maluku yang memiliki tingkat kebahagiaan tinggi persentasenya di atas 76%, tingkat kemiskinan relatifnya di atas 15%.

Sementara, provinsi dengan persentase kemiskinan rendah serta memiliki indeks kebahagiaan yang relatif tinggi, yakni Kalimantan Utara, disusul Maluku Utara, Sulawesi Utara, Jambi, dan Kabupaten Riau. Tingkat kemiskinan provinsi itu di atas 5%. Sementara tingkat kebahagiaannya di atas 74% hingga 76%.

Untuk DKI Jakarta sendiri memiliki tingkat kemiskinan rendah di bawah 5%, namun tingkat kebahagiaan hanya di atas 70%. Lalu, provinsi yang paling tidak bahagia 60% adalah Banten, meski tingkat kemiskinannya rendah.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT