Ini 50 Atlet Paling Tajir di Dunia Terbaru, Ada Idolamu?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 16:32 WIB
10 Orang Terkaya Dunia
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tampaknya tak menjadi ancaman bagi para atlet berkelas dunia yang berikut ini. Di saat penghasilan banyak orang berkurang karena merebaknya virus Corona, lain halnya dengan para atlet ini.

Forbes membuat daftar 50 atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia. Mereka yang masuk di dalam kategori atlet 'sultan' ini memiliki penghasilan setahun minimal US$ 34 juta, setara Rp 486,2 miliar (asumsi kurs: Rp 14.300).

Ambang batas minimal tersebut semakin ketat dibandingkan periode 2020, yaitu US$ 28,5 juta (Rp 407,5 miliar). Kriteria yang diberlakukan kali ini merupakan rekor tertinggi yang pernah ada.

Forbes menghitung pendapatan para atlet antara 1 Mei 2020 dan 1 Mei 2021, berikut daftarnya dikutip detikcom:

1. Conor McGregor

Penghasilannya atlet UFC berasal dari gaji dan memenangkan pertandingan dengan total US$ 22 juta, serta endorsement US$ 158 juta sehingga totalnya US$ 180 juta. Dia disponsori oleh Beetroot Lab, DraftKings, dan Roots of Fight.

2. Lionel Messi

Bintang sepakbola ini berpenghasilan US$ 130 juta, bersumber dari gaji dan memenangkan pertandingan sebesar US$ 97 juta, serta endorsement US$ 33 juta. Dia disponsori oleh merek-merek bergengsi dunia, yaitu Adidas, Anheuser Busch InBev, Gatorade, Hard Rock Cafe Inc., Jacob & Co, Ooredoo, dan Pepsi.

3. Cristiano Ronaldo

Pengolah kulit bundar berjuluk CR7 ini mengantongi pundi-pundi US$ 120 juta, dengan fincian dari gaji dan memenangkan pertandingan senilai US$ 70 juta, serta endorsement US$ 50 miliar. DAZN, Herbalife, MTG, Nike, dan Unilever adalah merek yang mensponsori Ronaldo.

4. Dak Prescott

Atlet football ini berpenghasilan senilai US$ 107,5 juta, berasal dari gaji dan memenangkan pertandingan US$ 97,5 juta, serta endorsement US$ 10 juta. Perusahaan yang menjadi sponsornya adalah Albertson's, Anheuser-Busch InBev, AT&T, Beats Electronics, Directv, Frito-Lay, Nike, Panini, PepsiCo, Seven & I Holdings, Sleep Number.

5. LeBron James

Pemain basket ini mengumpulkan penghasilan US $96,5 miliar. Sumber penghasilannya berasal dari gaji dan memenangkan pertandingan US$ 31,5 juta, dan endorsement US$ 65 juta. Dia disponsori oleh 2K Sports, AT&T, Beats Electronics, Blaze Pizza, Calm, Epic Games, GMC, Nike, PepsiCo, RIMOWA, Tonal, dan Walmart.

Lalu siapa saja di urutan ke-6 hingga 50?