TMII Direnovasi, Bakal Diluncurkan Ulang Tahun Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 18:24 WIB
Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) resmi diambil alih negara mulai April 2021. Kondisi terkini beberapa wahana tutup dan pengunjung pun sepi.
Foto: (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Taman mini Indonesia Indah (TMII) saat ini dalam proses pengembangan ulang dan renovasi. Rencananya wajah baru TMII akan diluncurkan ulang di tahun ini.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Marketing InJournety Maya Watono dalam konferensi pers virtual. InJourney sendiri merupakan nama dari holding BUMN pariwisata yang baru saja terbentuk.

"Untuk Taman Mini kita memang ada rencana relaunch. Ada sedikit development dan renovasi," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (14/1/2022).

Maya mengaku belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai renovasi TMII tersebut. Namun dia memastikan akan diluncurkan ulang di tahun ini.

"Di tahun ini akan kita relaunch. Untuk lebih jelasnya jujur saya belum clear, tapi akan kita renovasi dan redeveloped untuk di-relaunch tahun ini," tambahnya.

Maya menambahkan InJourney juga melakukan beberapa pembenahan di tempat wisata lainnya. Seperti di Labuan Bajo, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membenahi konservasi komodo.

"Itu memang nanti ada satu grand plan dimana kita akan mengubah layout dari Labuan Bajo, dermaga dan segala macem akan kita develop," terangnya.

Tak hanya itu, dia juga mengungkapkan bahwa renovasi gedung Sarinah akan selesai di Maret tahun ini dan dilakukan soft launching. Sarinah akan menjadi pusat pengembangan UMKM dan jendela bagi seluruh produk lokal.

(das/fdl)