Raup Rp 700 M, Ini YouTuber Bergaji Paling Tinggi di Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 08:29 WIB
YouTuber Dermawan Mr Beast bagi uang untuk streamer game amatir
Foto: (Gamerant)
Jakarta -

Jimmy Donaldson (23) atau yang lebih akrab dikenal dengan MrBeast merupakan Youtuber dengan penghasilan paling tinggi di dunia pada 2021 versi Forbes.

Dikutip dari BBC, Senin (17/1/2022), Donaldson berhasil mengantongi US$ 54 juta atau setara dengan Rp 772,2 miliar dengan asumsi kurs Rp 14.300.

Bahkan Donaldson berhasil menyalip Ryan Kaji yang sebelumnya menduduki posisi tertinggi Youtuber dengan penghasilan tertinggi selama dua tahun berturut-turut.

Memang selama masa pandemi ini banyak kanal hiburan tradisional yang kesulitan untuk menyesuaikan diri. Misalnya film yang ditunda, jadwal tayangan sinetron yang dibuah hingga penundaan rilis video game.

Hal ini membuat YouTube Booming. Bahkan pada 2021 YouTube memiliki 2,3 miliar pengguna di seluruh dunia. Ada satu miliar jam konten video yang dikonsumsi setiap harinya.

Pengamat tren YouTube Stokel Walker menyebutkan jika YouTube turut menggoyang industri media konvensional. "Tapi daftar ini menunjukkan jika mereka seperti TV pada umumnya," ujar dia.

Menurut dia untuk produksi video konten juga dibutuhkan biaya yang besar, sama halnya seperti produksi konten televisi.

Dia menyebutkan, memiliki penghasilan terbesar di YouTube bukan berarti videonya paling banyak dinikmati oleh masyarakat. Melainkan berhasil mendapatkan uang melalui kerja sama brand, sponsor dan penjualan merchandise.

Walker mengatakan, diperkirakan ada dua pertiga konten YouTube yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Hal ini membuat konten kreator bahasa Inggris berpeluang besar untuk meningkatkan popularitas dan meraup keuntungan finansial.

Siapa saja daftar YouTuber dengan penghasilan tertinggi, baca halaman berikutnya:



Simak Video "MUI Ingatkan Bahaya 'Ulama YouTuber' yang Asal Berfatwa "
[Gambas:Video 20detik]