Investor Kesulitan Tanam Duit di RI? Luhut: Jangan Segan Kontak Saya!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 11:27 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Lucas Aditya/detikcom
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta para investor tidak ragu menyuntikkan uangnya pada proyek-proyek yang ada di Indonesia. Bahkan, dia bilang investor jangan segan-segan menghubungi dirinya secara langsung bila ada kesulitan dalam melakukan investasi di Indonesia.

"Saya harap rekan investor jangan segan-segan kontak saya bila ada kesulitan dalam melakukan investasi," ungkap Luhut dalam Indonesia Economic Outlook 2022 yang diselenggarakan HIPMI, Selasa (25/1/2022).

Luhut mengatakan pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memudahkan realisasi investasi di Indonesia. Salah satunya lewat regulasi, dia bilang pemerintah sudah menerbitkan UU Cipta Kerja dan berbagai aturan turunannya yang dinilai bisa memudahkan investasi dengan perizinan berbasis resiko.

"Dari segi regulasi, pemerintah lakukan berbagai reformasi untuk dukung investasi yang dorong transformasi ekonomi Indonesia. Salah satunya, keluarkan UU Cipta Kerja dan aturan turunannya," papar Luhut.

"Implementasinya akan memudahkan investasi dengan perizinan berbasis resiko," imbuhnya.

Bukan cuma dari sisi regulasi, menurut Luhut saat ini pemerintah juga menyiapkan berbagai insentif bagi para investor yang mau menyuntikkan uangnya di Indonesia.

Misalnya saja tax holiday hingga insentif kawasan industri. Upaya-upaya semacam ini menurut Luhut dapat mendorong investasi masuk ke Indonesia untuk membantu transformasi ekonomi.

"Ke depannya kami akan fokus implementasi aturan ini untuk mudahkan investasi yang dapat mendorong transformasi ekonomi di Indonesia," kata Luhut.

(hal/zlf)