Lima Orang Kaya Tertua di Afrika, Paling Besar Hartanya Rp 124 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 26 Jan 2022 10:44 WIB
Othman Benjelloun
Foto: Othman Benjelloun/Forbes
Jakarta -

Forbes telah merilis daftar orang terkaya di seluruh benua Afrika. Uniknya, ada salah satu nama di daftar tersebut memiliki usia yang sudah sangat tua.

Dia adalah Othman Benjelloun, miliarder asal Maroko yang usianya hampir menginjak 90 tahun. Atau tepatnya 89 tahun, meski begitu dia tidak menjadi orang paling kaya di Afrika hanya bercokol di posisi ke 15.

Nah apabila diurutkan, berikut ini adalah daftar orang terkaya paling tua di Afrika:

1. Othman Benjelloun (89 tahun)
Othman dikenal luas sebagai CEO dari BMCE Bank of Africa, perusahaannya sudah hadir di lebih dari 20 negara Afrika. Dia memiliki kewarganegaraan Maroko, hartanya senilai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,45 triliun (kurs Rp 14.300). Dia menjadi orang terkaya nomor 15 di seluruh Afrika.

Kesuksesannya dimulai saat dia memoles sebuah perusahaan asuransi di Maroko, RMA. Perusahaan itu sebagian besar sahamnya dimiliki oleh ayah Othman.

Dia juga memiliki saham di perusahaan telekomunikasi Prancis, Orange yang memiliki cabang di Maroko. Saham itu dikuasai melalui perusahaan induk milik Othman, FinanceCom.

FinanceCom adalah bagian dari proyek untuk mengembangkan kota teknologi bernilai miliaran dolar di Tangiers yang diharapkan dapat menampung 200 perusahaan China

2. Issad Rebrab (78 tahun)
Issad Rebrab adalah pendiri dan CEO Cevital, perusahaan swasta terbesar di Aljazair. Cevital memiliki salah satu kilang gula terbesar di dunia, dengan kapasitas produksi 2 juta ton per tahun.

Cevital memiliki perusahaan Eropa, termasuk pembuat peralatan rumah tangga Prancis Groupe Brandt, pabrik baja Italia dan perusahaan pemurnian air Jerman.


Issad adalah warga negara Aljazair, kini total hartanya senilai US$ 5,1 miliar atau sekitar Rp 72,9 triliun, jumlah tersebut menjadikannya orang terkaya nomor 7 di Afrika.



Simak Video "Harta Elon Musk Kini Tembus Rp 4.000 Triliun!"
[Gambas:Video 20detik]