Rusia-Ukraina Siaga Perang, Yuk Intip Adu Kekayaan Orang Terkayanya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 11:34 WIB
FILE - A convoy of Russian armored vehicles moves along a highway in Crimea, Tuesday, Jan. 18, 2022. With tens of thousands of Russian troops positioned near Ukraine, the Kremlin has kept the U.S. and its allies guessing about its next moves in the worst Russia-West security crisis since the Cold War. (AP Photo, File)
Ilustrasi/Foto: Konvois kendaraan lapis baja Rusia di Crimea, yang dicaplok dari Ukraina tahun 2014 lalu (Foto: AP)
Jakarta -

Baru-baru ini, Rusia dan Ukraina semakin bersitegang sejak Moskow dituduh tengah mempersiapkan invasi ke negara bekas pecahan Uni Soviet itu dalam waktu dekat. Tuduhan tersebut dilontarkan ke Rusia setelah negara itu mengirimkan sekitar 100.000 lebih pasukan Rusia ke perbatasan Ukraina.

Pasukan Rusia yang kian menumpuk di dekat perbatasan Ukraina semakin memicu kekhawatiran pemerintahan Presiden Vladimir Putin bisa kapan saja menyerang Kiev. Sedangkan di sisi lain, sekutu Ukraina seperti Amerika Serikat hingga NATO terus mengirimkan bala bantuan keamanan dan alat tempur guna membantu Kiev mengantisipasi jika Rusia benar-benar bergerak menyerbu.

Di tengah ketegangan antar kedua negara ini, kira-kira siapa yang lebih kaya antara orang terkaya Rusia dengan orang terkaya Ukraina?

Melansir Forbes real time billionaires, Jumat (28/1/2022), posisi orang terkaya di Rusia saat ini sedang diduduki oleh Vladimir Lisin. Miliarder berusia 65 tahun ini mempunyai kekayaan US$ 29,2 miliar atau setara dengan Rp 417,56 triliun (bila dihitung dengan kurs Rp 14.300).

Diketahui bahwa Vladimir Lisin adalah ketua NLMK Group, produsen produk baja terkemuka di Negeri Beruang Putih tersebut. Selain itu Lisin juga memiliki operator kereta api First Cargo serta beberapa pelabuhan dan perusahaan pelayaran.

Berkat sejumlah bisnis yang dimilikinya ini, Lisin tidak hanya berhasil meraih gelar sebagai orang terkaya Rusia saat ini, namun ia juga berada di peringkat 47 orang terkaya di dunia.

Sementara itu, di sisi lain posisi orang terkaya di Ukraina sedang diduduki oleh Rinat Akhmetov. Miliarder berusia 55 tahun mempunyai kekayaan US$ 6,6 miliar atau setara Rp 94,3 triliun.

Sumber kekayaan Rinat Akhmetov berasal dari perusahaan induk yang dimilikinya yakni System Capital Management. Perusahaan ini berfungsi untuk mengawasi saham Akhmetov di berbagai bisnis industri.

Diketahui bahwa Akhmetov memiliki saham di perusahaan pertambangan dan baja Metinvest Group, salah satu perusahaan swasta terbesar di Ukraina. Selain itu ia juga memiliki perusahaan di bidang telekomunikasi, teknik, keuangan, real estat, transportasi dan ritel.

Meski demikian, secara global Akhmetov berada di peringkat 393 orang terkaya dunia. Bila dilihat, posisi Akhmetov saat ini berada jauh di bawah Lisin yang berada di peringkat 47 orang terkaya di dunia.

Simak video 'Bersiap Hadapi Invasi Rusia, Warga Ukraina Dilatih Tempur':

[Gambas:Video 20detik]





(eds/eds)