Harga Minyak Goreng Sudah Turun, Tapi Kok Malah Langka Pak Jokowi?

ADVERTISEMENT

Harga Minyak Goreng Sudah Turun, Tapi Kok Malah Langka Pak Jokowi?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 15:28 WIB
Harga Minyak Goreng
Ilustrasi/Foto: Aulia Damayanti
Jakarta -

Harga minyak goreng makin murah. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengeluarkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) baru untuk minyak goreng.

Harga baru ini ditetapkan untuk jenis minyak curah hingga kemasan premium. Kebijakan ini akan berlaku mulai 1 Februari 2022 mendatang. Paling murah adalah harga minyak jenis curah, seharga Rp 11.500 per liter.

"HET minyak goreng curah Rp 11.500/liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500/liter, dan minyak goreng premium Rp 14.000/liter. Seluruh harga sudah termasuk PPN di dalamnya," kata Lutfi dalam konferensi pers, Kamis (27/1/2022) kemarin.

Dengan makin murahnya harga minyak, Lutfi meminta masyarakat agar bijak dan tidak panic buying dalam membeli minyak goreng.

"Karena kami menjamin stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau," tegas Lutfi.

Dia juga memerintahkan produsen minyak goreng agar terus menyalurkan stok agar tidak terjadi kekosongan di pedagang atau pengecer. Lutfi menegaskan pemerintah akan mengambil langkah hukum yang sangat tegas kepada pelaku usaha yang tidak patuh kepada ketentuan ini.

"Pemerintah akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas kepada seluruh pelaku usaha yang tidak patuh atau mencoba melanggar ketentuan ini," tegas Lutfi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT