Mark Zuckerberg Tak Lagi Terkaya Dunia, Tangan Kanannya Ambil Langkah Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 08 Feb 2022 09:01 WIB
Mark Zuckerberg mengumumkan pergantian nama baru Facebook menjadi Meta di event Connect 2021. Meta nantinya akan menjadi induk perusahaan yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lainnya.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Investor awal Facebook dan orang kepercayaan Mark Zuckerberg, Peter Thiel akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai dewan di induk Facebook, Meta. Hal tersebut diumumkan oleh perusahaan.

Menyadur CNBC, Selasa (8/2/2022), Thiel tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilihan dewan pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan tahun 2022. Dia akan terus melayani di dewan sampai pertemuan tahunan.

Dia telah berada di dewan Facebook sejak 2005. Sejak saat itu, perusahaan tersebut telah menyentuh kapitalisasi pasar US$ 1 triliun dan menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 117 miliar pada 2021.

Thiel menginvestasikan US$ 500 ribu di thefacebook.com pada tahun 2004. Setahun kemudian Zuckerberg mengganti nama jejaring sosial tersebut menjadi perusahaan Facebook.

Sebelum berinvestasi di Facebook, Thiel memperoleh kekayaan awalnya sebagai salah satu pendiri PayPal. Dia kemudian pindah ke investasi, pertama melalui dana lindung nilai dan kemudian sebagai pemodal ventura.

Thiel memulai Founders Fund pada tahun 2005 dengan Ken Howery dan Luke Nosek yang dia kenal dari PayPal. Perusahaan tersebut telah memberi dukungan modal kepada perusahaan termasuk platform pembayaran Stripe, pemberi pinjaman online Affirm, dan situs berbagi kamar Airbnb.

Di sisi lain Mark Zuckerberg harus menelan pil pahit karena hartanya turun hampir US$ 30 miliar atau setara dengan Rp 429 triliun (asumsi kurs Rp 14.300).

Dilansir dari Forbes ini membuat Mark Zuckerberg terdepak dari jajaran 10 orang terkaya di dunia. Kini Zuckerberg berada di posisi ke 12 di bawah Mukesh Ambani.

Dikutip dari CNBC disebutkan hal ini terjadi karena saham Meta yang terjun bebas pada Kamis waktu setempat. Saham Meta anjlok setelah perusahaan memproyeksikan pertumbuhan pendapatan yang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Lihat Video: Saham Mark Zuckerberg Merosot, Kini Tak Masuk Daftar 10 Orang Terkaya

[Gambas:Video 20detik]




(toy/fdl)