Bye-bye Malaysia-Thailand, Ekonomi RI Sudah Pulih Duluan

ADVERTISEMENT

Bye-bye Malaysia-Thailand, Ekonomi RI Sudah Pulih Duluan

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 10 Feb 2022 15:51 WIB
Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih menghadapi ancaman pandemi COVID-19. OECD memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di level 4,9% di tahun 2021.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Indonesia masuk jajaran negara yang telah kembali ke level pra-pandemi dalam hal pemulihan ekonomi. Indonesia bergabung dengan Singapura, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan China.

"Secara negara maju itu ada Amerika memang sudah 2,1% di atas pra-pandeminya, Indonesia sudah 1,5% di atas 2019, Korea dan Tiongkok itu cukup tinggi di atas pra-pandeminya," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam diskusi virtual, Kamis (10/2/2022).

Dia menjelaskan posisi Indonesia saat ini dibandingkan sebelum pandemi lebih baik dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

"Kalau kita bandingkan dengan banyak negara, Indonesia relatif baik dibandingkan banyak negara, misalnya yang sudah kembali ke pra-pandeminya itu untuk negara tetangga kita itu hanya Singapura, sementara Filipina, Malaysia, Thailand itu belum, masih lebih rendah dibandingkan dengan pra-pandeminya," jelas dia.

Beberapa negara yang ekonominya belum kembali ke level pra-pandemi, yaitu Filipina, Meksiko, Italia, Jerman dan Prancis.

"Untuk negara-negara yang belum ini seperti saya sebutkan tadi seperti Filipina, Meksiko, bahkan negara majunya ada Italia, Jerman, Prancis masih di bawah level pra-pandemi. Untuk negara tetangga kita seperti Thailand itu juga belum, jadi kita memang relatif cukup berhasil menavigasi krisis di tahun 2020," tambahnya.

Febrio memaparkan sejumlah bukti Indonesia mulai pulih, yaitu tingkat kemiskinan yang berhasil turun kembali ke single digit, dari 10,2% ke 9,7%, walaupun belum mencapai level angka kemiskinan yang dicapai sebelum pandemi di 9,2%.

Level ketimpangan pun sudah kembali kurang lebih sama dengan sebelum pandemi, yaitu 0,381 pada 2021, sementara sebelum pandemi pada 2019 adalah 0,380.

Jumlah pengangguran juga sudah turun dari 9,77 juta pada 2020 menjadi 9,10 juta. Tingkat pengangguran terbuka juga turun dari 7,07% pada 2020 menjadi 6,49% pada 2021.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Ekonomi RI Tumbuh 5,72% Kuartal III-2022, Kalahkan China dan AS!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT