ADVERTISEMENT

Ada Vaksin Berbayar, Ini 7 Kelebihannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 17:08 WIB
Kasus aktif Corona DKI Jakarta tembus 86 ribu kasus. Meningkatnya kasus COVID-19 imbas varian Omicron membuat warga di Jakarta ramai-ramai divaksin booster.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah terus mendorong program vaksinasi dosis lanjutan atau booster bagi masyarakat Indonesia. Meski demikian, masih ada warga khususnya para karyawan perusahaan yang belum mengikuti program ini karena terkendala dengan jadwal vaksinasi.

Selain itu, adapula yang mengurungkan niat untuk ikut program vaksinasi booster setelah melihat rekan kerja mengalami reaksi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sehingga mengganggu produktivitas kerja.

Padahal, para pekerja bisa tetap mendapatkan vaksin booster apabila cerdas dalam memilih jenis vaksin. Salah satu jenis vaksin booster yang bisa diandalkan bagi para pekerja ialah vaksin Sinopharm.

Vaksin Sinopharm ini telah didaftarkan PT Kimia Farma untuk penggunaan booster homolog pada usia dewasa 18 tahun atau lebih yang telah mendapatkan dosis primer lengkap sekurang-kurangnya 6 bulan. Homolog di sini artinya vaksinasi dosis ketiga menggunakan jenis vaksin yang sama seperti saat vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Perlu dicatat, vaksin Sinopharm sudah mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai dosis booster atau vaksin dosis lanjutan.

Lantas, apa saja sih kelebihan program vaksinasi berbayar Sinopharm? Berikut ini tujuh kelebihannya!

1. Izin

Vaksin Sinopharm telah mendapatkan izin BPOM sebagai vaksin booster, khusus bagi karyawan yang sebelumnya telah disuntik dengan vaksin Sinopharm. Ini menjamin kepatuhan terhadap regulator.

2. Antibodi

Dari aspek imunogenisitas, peningkatan respons imun humoral untuk parameter pengukuran antibodi netralisasi dan anti IgG masing-masing sebesar 8,4 kali dan 8 kali lipat dibandingkan sebelum pemberian booster, sesuai yang diumumkan BPOM.

Respons imun setelah pemberian booster ini lebih tinggi dibandingkan respons imun yang dihasilkan pada saat vaksinasi primer.

3. Waktu

Program vaksinasi bisa dilakukan serentak untuk seluruh karyawan pada jadwal yang ditentukan oleh perusahaan, agar tidak mengganggu business process dari perusahaan.

4. Lokasi

Program vaksinasi bisa dilakukan di lokasi-lokasi yang menyesuaikan keberadaan operasional dari peserta di manapun di seluruh Indonesia.

5. Rasa aman

Dengan platform inactivated virus dari Sinopharm yang sudah terbukti keamanannya, karyawan perusahaan maupun keluarganya akan merasa lebih tenang.

6. Produktivitas

Farmakolog sekaligus Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Zullies Ikawati, mengatakan bahwa efek samping atau KIPI vaksin Sinopharm ialah efek samping lokal yang ringan.

Reaksi lokal seperti nyeri di tempat suntikan, pembengkakan, dan kemerahan serta reaksi sistemik seperti sakit kepala, kelelahan, dan nyeri otot, dengan tingkat keparahan grade 1-2. Efek samping tersebut akan segera membaik dan umumnya tidak sampai membutuhkan pengobatan lebih lanjut.

Efek samping dari Sinopharm yang sangat minimal tersebut tidak akan mengganggu produktivitas karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya di perusahaan.

7. Konsultasi

Melalui program vaksinasi Sinopharm, karyawan perusahaan juga dapat berkonsultasi dengan tim tenaga kesehatan sebelum dan sesudah dilakukan penyuntikan.

GM Corporate Secretary PT Kimia Farma Tbk, Ganti Winarno, mengatakan perusahaan yang ingin mendaftarakan pegawai untuk mendapatkan vaksin Sinopharm sekarang sudah dapat melakukan pendaftaran melalui portal.vaksingotongroyong.id atau whatsapp Biofarma di 0811 2060 888.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT