Jokowi Bangga, RI Berhasil Ekspor Mobil ke Australia

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 15 Feb 2022 10:44 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meluncurkan ekspor perdana mobil ke Australia dan pelepasan ekspor 2 juta unit mobil ke beberapa negara. Mobil yang diekspor berasal dari pabrikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Karawang, Jawa Barat.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya luncurkan pelepasan ekspor 2 juta unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan ekspor perdana Fortuner ke Australia," kita Jokowi disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/2/2022).

Selain ekspor perdana kendaraan roda empat ke Australia, Jokowi sekaligus meluncurkan ekspor ke Filipina dan Jepang.

Jokowi menjelaskan apa yang terjadi hari ini menggambarkan bahwa pandemi COVID-19 bukan hanya menghadirkan ujian dan tantangan bagi industri.

"Pandemi juga membuka untuk kita bisa mengambil peluang dan kesempatan yang ada, baik itu mengambil pasar pasar baru, yang peluang itu hari ini telah terbukti di ambil kesempatan itu dengan baik oleh PT Toyota Motor Manufacturing dengan ekspor perdananya ke Australia," jelasnya.

Jokowi menyebut hingga saat ini Indonesia telah mengekspor otomotif ke hampir 80 negara, dan sudah menjangkau 4 benua, yaitu Amerika, Afrika, Asia, dan Australia.

"Dan yang saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN-nya sudah lebih dari 75%, local purchasenya. Dan banyak komponen, banyak sparepart dan juga aksesoris-aksesoris yang ada di dalam mobil itu disuplai dari industri industri UKM kita, ini juga sangat baik untuk menghidupkan usaha-usaha kecil yang ada di negara kita," tambahnya.

(toy/das)