ADVERTISEMENT

Disuntik Raffi Ahmad Rp 35 M, Ini 4 Fakta Startup Erick Thohir

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Kamis, 17 Feb 2022 07:00 WIB
Raffi Ahmad dan Erick Thohir
Foto: Screenshot YouTube Rans Entertainment
Jakarta -

Raffi Ahmad, melalui RANS Entertainment menyuntikkan dana Rp 35 miliar ke platform konten audio, NOICE milik PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI). Emiten radio paling tenar itu meruapkan milik Menteri BUMN, Erick Thohir.

Ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui terkait pengucuran modal yang diberikan Raffi Ahmad ke NOICE. Berikut fakta-faktanya:

1. NOICE

NOICE merupakan perusahaan rintisan teknologi asal Indonesia yang berfokus untuk menghadirkan platform konten audio terlengkap.

NOICE berdiri di bawah bendera PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI). Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi, jasa konsultan, media digital dengan anak perusahaan yang bergerak di bidang radio.

2. Induknya Perusahaan Radio Pertama yang IPO

Dikutip dari laporan keuangan, MARI didirikan pada 2006 dengan nama PT Genta Sabda Nusantara dan mengalami perubahan nama menjadi PT Mahaka Radio Integra.

PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) tercatat sebagai grup radio pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 29 Januari 2016.

3. Lahirnya NOICE

Mahaka Radio Integra merupakan emiten media yang didirikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

MARI membangun NOICE dengan visi menjadi wadah dan pemacu ekosistem kreator konten lokal di Indonesia, NOICE menghadirkan fitur streaming podcast, radio, audiobook, dan live audio.

NOICE saat ini telah memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 konten original dan eksklusif dalam berbagai genre.

4. Dapat Suntikan Modal dari Raffi Ahmad

Perusahaan milik Raffi Ahmad yaitu RANS Entertainment mengucurkan pendanaan modal US$ 2,5 juta atau setara Rp 35,57 miliar (kurs 14.300) kepada NOICE pada 19 Januari 2022.

"PT RANS Entertainment melakukan penyetoran modal pada tanggal 19 Januari 2022 dengan nilai setoran modal sebesar US$ 2.500.000," ungkap Direktur Keuangan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), Natalina Sindhikara dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia.

Simak Video 'Forbes Beri Gelar Raffi Ahmad-Nagita 'The Sultan of Content'':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT