ADVERTISEMENT

Invasi ke Ukraina, Rusia Malah Terjebak 'Neraka' Sendiri

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 18:00 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina - penjelasan strategi Putin menggunakan peta
Ilustrasi/Foto: BBC World
Jakarta -

Imbas invasi militer yang dilakukan ke Ukraina, kini Rusia malah kena getahnya. Sederet dampak buruk menghampiri ekonomi Rusia imbas dari perang yang terjadi.

Dampak paling besar terjadi karena usai Rusia menyerang Ukraina, banyak negara-negara besar memberikan sederet sanksi ekonomi ke Rusia.

Lalu, apa saja dampak yang diterima oleh Ukraina? Ini daftarnya yang dirangkum detikcom, pada Jumat (4/3/2022).

1. Ditinggal Perusahaan Besar

Setelah agresi militer Presiden Vladimir Putin di Ukraina, beberapa perusahaan barat ramai-ramai mengumumkan mereka akan 'cabut' dari Rusia.

Dikutip dari BCC, sederet perusahaan di berbagai sektor telah mengumumkan untuk meninggalkan Rusia. Mulai dari sektor energi misalnya, beberapa perusahaan migas besar mulai meninggalkan proyeknya di Rusia.

Misalnya, British Petroleum yang mengatakan akan melepas sahamnya di Rosneft, raksasa migas Rusia. Padahal, Rosneft sendiri telah menyumbang seperlima dari keuntungan terbaru perusahaan.

Di sisi lain, Shell pun bisa mengorbankan hingga US$ 3 miliar hanya untuk keluar dari usahanya dengan Gazprom.

Kemudian, ada juga beberapa peritel yang 'cabut' dari Rusia. Paling baru, raksasa furnitur Swedia, Ikea telah menghentikan operasinya di Rusia. Itu mempengaruhi 17 toko, meskipun perusahaan induk Ikea tetap membuka pusat perbelanjaan Mega.

Raksasa ritel Swedia lainnya, H&M, juga telah menangguhkan penjualan di Rusia, dan lebih banyak merek kemungkinan akan mengikuti, beberapa merek besar lain yang menutup pasarnya di Rusia mulai dari Rusia, Booho, hingga Burberry.

Raksasa teknologi Apple juga menghentikan penjualan produknya di Rusia. Mereka pun menutup toko-toko penjualannya di Rusia.

Masih banyak perusahaan lain yang hengkang dari Rusia, mulai dari perusahaan otomotif sampai ke perusahaan hiburan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT