Kala Sandiaga Turun ke Sawah Beri Bantuan Uang ke Petani

ADVERTISEMENT

Kala Sandiaga Turun ke Sawah Beri Bantuan Uang ke Petani

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 07 Mar 2022 19:16 WIB
Kala Sandiaga Turun ke Sawah Beri Bantuan Uang ke Petani Majalengka
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Bantaragung, Senin (7/3/2022). Kunjungan itu mengenai sosialisasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 demi mewujudkan "Indonesia Bangkit".

Desa Wisata Bantaragung dikelilingi sawah seluas 65 hektare dan terbagi ke dalam lima kawasan. Mayoritas petani kini telah beralih menggunakan traktor untuk membajak sawah.

Sandiaga berkeliling Desa Wisata Bantaragung di tengah hujan. Ia bertemu dengan salah satu petani di desa tersebut.

"Assalamualaikum, akhirnya saya ketemu pak Amin. Jadi apa yang mau disampaikan pak Amin?" kata Sandiaga melalui keterangannya, Senin (7/3/2022).

Amin bercerita ke Sandiaga bahwa ia kesulitan membajak sawah karena keterbatasan alat singkal. Ia memiliki dua ekor kerbau untuk membajak sawah.

"Ini mau di (tambah alat singkalnya). Harus ada dua buat serep (membajak sawah dengan kerbau)," ucap Amin.

Sandiaga pun membantu pak Amin dengan memberikan uang tunai senilai Rp 2 juta. Sosok Amin merupakan insan petani satu-satunya yang masih melestarikan budaya membajak sawah dengan kerbau atau cara tradisional.

"Nah ini kan jadi daya tarik desa, membajak sawah menjadi daya tarik pariwisata. Saya beri bantuan pak Amin untuk membeli Singkal," jelas Sandiaga.

"Saya pesan ke pak Amin, nanti kalau alatnya sudah ada yang paling penting itu ajari anak-anak muda (untuk membajak sawah dengan kerbau)," imbuhnya.

Amin pun mengucapkan syukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan Sandiaga. Amin berjanji akan mengajarkan anak-anak muda supaya melestarikan budaya membajak sawah.

"Terima kasih pak Sandi bantuannya ini, semoga bapak sehat selalu," pungkas Amin.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT