ADVERTISEMENT

Tak Hanya Aset Tommy Soeharto, Lahan di Karawaci Sitaan BLBI Juga Tak Laku Dilelang

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 18 Mar 2022 15:15 WIB
Satgas BLBI melalui PUPN Cabang DKI Jakarta menyita dua aset milik obligor Ulung Bursa. Aset yang disita salah satunya adalah rumah mewah.
Ilustrasi Aset Sitaan BLBI (Foto: Dok. Satgas BLBI/DJKN Kemenkeu)
Jakarta -

Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) akan melelang hasil sitaan yang berlokasi di Blok B Taman Buah Perumahan Lippo Karawaci, Kelapa Dua, Tangerang. Saat ini proses administrasi permohonan lelang sedang disiapkan.

"Untuk yang taman buah masih rapih kan administrasinya untuk permohonan lelang," kata Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani kepada detikcom, Jumat (18/3/2022).

Pelelangan itu merupakan yang kedua kalinya setelah pada 21 Desember 2021 dibuka penawaran lelang dan belum ada peminat. Berdasarkan pengumuman lelang, saat itu lelang dilakukan 4 bidang tanah dalam satu hamparan dijual 1 paket dengan luas 37.779 m2.

Masih berdasarkan pengumuman lelang, saat itu nilai limit yang ditawarkan sebesar Rp 597.870.000.000 dengan uang jaminan Rp 200.000.000.000.

Pelelangan Ulang Bersama Aset Tommy Soeharto

Aset debitur dana BLBI milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto atas nama PT Timor Putra Nasional (TPN) juga akan dilelang ulang. Setelah sebelumnya pada pelelangan pertama dengan harga Rp 2,4 triliun tidak laku.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan pelelangan ulang, namun sepertinya perlu pemasaran yang baik mengingat aset-aset tersebut nilainya tinggi, sedangkan kondisi saat ini tidak mudah cari investor," tuturnya.

Wanita yang akrab disapa Ani itu menyebut saat ini sedang disiapkan pemasaran yang baik agar pada saatnya nanti dilakukan pelelangan ada yang berminat.

"Pada intinya semua sudah siap untuk dilelang, tapi perlu pemasarannya biar laku saat dilelang. Asal ada yang minat dengan harga yang wajar sesuai hasil penilaian, pasti kita lelang," imbuhnya.

Berikut daftar aset Tommy Soeharto yang belum laku dilelang:

a. Sebidang Tanah SHGB No. 3/Kamojing luas 518.870 m2 atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing

b. Sebidang Tanah SHGB No. 4/Kamojing luas 530.125,526 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing

c. Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985,15 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka

d. Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896,700 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip.

(aid/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT