ADVERTISEMENT

DANA Ikut Salurkan Insentif Peserta Kartu Prakerja Gelombang Ke-24

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 18 Mar 2022 19:37 WIB
DANA Jadi Penyalur Insentif Kartu Prakerja
Foto: DANA
Jakarta -

Dompet digital DANA kembali mendukung program kebijakan pemerintah. Salah satunya dengan menjadi mitra resmi penyalur dana insentif bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang ke-24 yang baru saja dibuka.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia Agustina Samara menilai penunjukkan DANA sebagai mitra program Kartu Prakerja mempertegas kepercayaan pemerintah terhadap kapabilitas dan kredibilitas DANA sebagai salah satu jembatan bagi seluruh ekosistem ekonomi.

"Kami menyambut positif dibukanya program Kartu Prakerja Gelombang 24 yang secara nyata telah berkontribusi dalam meningkatkan kapabilitas dan kompetensi masyarakat Indonesia yang terdampak COVID-19. DANA akan memastikan integrasi kami dengan pelaksana program Kartu Prakerja berjalan optimal, sehingga data yang diperoleh terjamin akurasinya dan distribusi insentif pun dijamin tepat sasaran," ujar Agustina dalam keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Ia mengungkap sejak 2020 pihaknya telah menjadi salah satu mitra resmi penyalur dana insentif bagi penerima program Kartu Prakerja. Dukungan ini menurutnya sejalan dengan komitmen berkelanjutan DANA, yakni berkontribusi terhadap penguatan ekonomi digital nasional. Salah satunya melalui program-program pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Untuk melanjutkan kepercayaan yang telah diberikan, ujar Agustina, pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan penggunaan DANA untuk menerima manfaat dari program Kartu Prakerja. Ia meyakini pemanfaatan DANA tak hanya membuat penyaluran insentif lebih efisien dan tepat sasaran, tetapi juga meningkatkan inklusi keuangan nasional.

Agustina menjelaskan bentuk digitalisasi dari bantuan sosial dengan layanan dompet digital ini terbukti meningkatkan inklusi keuangan. Sebab berdasarkan pantauan pihaknya, penyelenggaraan program Kartu Prakerja juga ikut mendorong munculnya pengguna baru DANA. Bahkan di sepanjang tahun 2021 ada lebih dari 83% penerima manfaat Kartu Prakerja berasal dari pengguna baru.

Selain itu, penyaluran dana insentif secara digital ini menurutnya ikut mendorong adopsi dompet digital DANA. Hal ini terlihat dari peserta program Kartu Prakerja yang memanfaatkan dana insentif untuk berbagai kebutuhan.

Adapun 64% di antaranya memanfaatkan dana insentif tersebut untuk mengirim uang, kemudian melakukan top up pulsa, berbelanja lewat e-commerce, membayar tagihan bulanan, dan banyak lagi.

Agustina mengatakan adopsi dompet digital ini selaras dengan manfaat program Kartu Prakerja. Apalagi program ini tidak hanya diharapkan dapat menjangkau, meningkatkan kompetensi, serta memberdayakan masyarakat Indonesia saja. Akan tetapi juga mampu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital untuk menjawab tantangan era digital maupun pandemi.

"Dengan pencairan dana insentif program Kartu Prakerja melalui DANA, kami berharap masyarakat juga dapat merasakan beragam solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang tersedia di dompet digital DANA. Dengan begitu, literasi dan inklusi keuangan digital kelak ikut meningkat," tandas Agustina.

Agustina menegaskan teknologi yang dimiliki DANA membuat proses penyaluran insentif bagi penerima program dapat dilakukan secara realtime. Selain itu, pengguna DANA yang menjadi peserta Program Kartu Prakerja juga akan menerima notifikasi pada saat lolos tahap verifikasi maupun saat dana insentif telah berhasil dikirimkan.

Sebagai informasi, pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-24 telah resmi dibuka oleh pemerintah pada 17 Maret 2022, bertepatan dengan dua tahun program tersebut berjalan. Informasi lengkap mengenai syarat dan tata cara pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 24 dapat dibaca melalui laman www.prakerja.go.id/faq.

(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT