ADVERTISEMENT

Jokowi Sentil Menkes Hingga Mendikbud: Tempat Tidur hingga Pensil Impor, Aduh!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 25 Mar 2022 11:29 WIB
WA grup TNI Polri disorot Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan masih banyak instansi pusat yang membeli produk impor dalam rangka pengadaan barang dan jasa. Dia jengkel banyak produk yang bisa dibuat di dalam negeri namun yang dibeli justru produk impor.

Beberapa instansi negara pun dicolek Jokowi soal hal ini. Dia memang mengancam akan mengumumkan semua instansi yang banyak membeli produk impor padahal yang buatan dalam negeri sudah ada.

"Mau kita terus-teruskan impor begini? Nanti mau saya umumkan kok, saya kalau udah jengkel ini, saya umumin nanti," ungkap Jokowi saat memberikan arahan di acara Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Jumat (25/3/2022).

"Tak bacain lho nanti, karena sekarang ternyata gampang banget ini, detil, harian bisa saya pantau ini," tegasnya.

Beberapa instansi negara disinggung Jokowi masih membeli barang impor padahal produk serupa ada yang diproduksi di dalam negeri. Mulai dari seragam dan sepatu tentara dan polisi misalnya, Jokowi bilang barang itu bisa diproduksi di dalam negeri, tapi justru banyak yang impor.

"Seragam dan sepatu tentara dan polisi beli dari luar, padahal kita ini produksi di mana-mana bisa kok. Jangan diterus-teruskan yang begini," kata Jokowi.

Berlanjut ke Kementerian Kesehatan, dia bilang mulai dari alat kesehatan hingga peralatan perkakas rumah sakit ternyata banyak diimpor. Padahal, hal itu menurutnya banyak diproduksi di dalam negeri. Secara spesifik dia juga menyebut nama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memperhatikan hal ini.

"Alkes, Menteri Kesehatan ini. Tempat-tempat tidur untuk rumah sakit itu produksi di Yogyakarta ada, Bekasi, Tangerang ada, beli impor. Ini rumah sakit di daerah banyak yang beli impor, Kementerian Kesehatan masih impor," papar Jokowi.

Mentan hingga Mendikbud juga disinggung Jokowi. Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Jokowi: Uang Rakyat Kok Dibelikan Barang Impor, Aduh Geregetan Saya!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT