Jack Ma Minggir Dulu, Mukesh Ambani Jadi Raja Crazy Rich Asia

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 26 Mar 2022 19:30 WIB
Mukesh Ambani, India
Mukesh Ambani/Foto: Reuters
Jakarta -

Mukesh Ambani, pernah kah Anda mendengar namanya? Apa Anda tahu dia merupakan pengusaha top Asia?

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan Mukesh Ambani. Berbeda dengan sosok Jack Ma, pengusaha asal China yang video motivasinya kerap kali muncul di media sosial.

Jika Anda mendalaminya lebih jauh, sosok Mukesh Ambani bisa dikatakan lebih sukses dari Jack Ma, bahkan lebih sukses dari orang Asia manapun.

Berdasarkan Bloomberg Billionaire Index, dikutip Sabtu (26/3/2022), dari daftar 500 orang terkaya di dunia di 2022, Mukesh Ambani yang berasal dari India ini menempati posisi 10 besar. Namun, jika diperbandingkan dengan orang Asia lainnya, Mukesh Ambani adalah rajanya.

Kekayaan Mukesh Ambani mencapai US$ 96,4 miliar atau setara Rp 1.384 triliun (kurs Rp 14.357). Mukesh Ambani merupakan anak dari Dhirubhai Ambani yang menjadi pendiri awal Reliance Industries. Kini, ia menjadi penerus perusahaan besar ini.

Ia menjadi ketua dan pemegang saham terbesar di perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, ritel dan telekomunikasi ini. Reliance Industries yang berbasis di Mumbai, India ini memiliki kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia.

Mukesh Ambani dikabarkan memiliki hidup yang glamor. Ia tinggal di rumah 27 lantai di Mumbai, India.

Selain Mukesh Ambani, Bloomberg memasukkan beberapa orang kaya asal Asia lainnya ke dalam daftar 500 orang terkaya, beberapa di antaranya Gautam Adani (US$ 93,6 miliar), Zhong Shanshan (US$ 67,2 miliar), dan Jack Ma (US$ 37,9 miliar).

Kemudian ada empat orang Indonesia juga masuk ke dalam daftar tersebut, yakni Budi Hartono (US$ 19,6 miliar), Michael Hartono (US$ 18,5 miliar), Prajogo Pangestu (US$ 5,70 miliar), dan Sri Prakash Lohia (US$ 5,42 miliar).

(ara/ara)