Terpopuler Sepekan

Usai MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Terbengkalai atau Nggak Ya?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 27 Mar 2022 10:35 WIB
MotoGP Mandalika
Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Usai gelaran balap MotoGP Mandalika 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Puluhan ribu orang sudah meninggalkan tempat ajang balap tersebut.

Apakah setelah itu, Sirkuit Mandalika berpotensi tinggi akan terbengkalai?

Analis Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengatakan infrastruktur di wilayah Sirkuit Mandalika yang jauh dari pusat kota, dianggap akan membuat minat masyarakat untuk ke sana rendah.

"Potensi terbengkalainya itu sangat tinggi menurut saya karena itu jauh dari kota-kota besarnya, kemudian keberadaannya ada di pulau yang dari Bali juga relatif jauh. Itu harus dibuat event-event yang menarik terkait street race," ujar Trubus, Senin (21/3/2022).

Ia juga menjelaskan untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, harus dipikirkan rencana acara selanjutnya agar membangkitkan minat masyarakat lagi. Jika tidak ada, pada akhirnya proyek Mandalika tersebut dinilai akan menjadi terbengkalai.

"Pengelola Mandalika harus proaktif, kalau tidak, terbengkalai jadinya buang-buang uang anggaran besar," jelasnya.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan, infrastruktur di sekitar Sirkuit Mandalika juga harus disempurnakan, supaya bisa lebih siap kalau ada ajang balap lagi.

"Mandalika harus ada event-event balapan lokal maupun Internasional, yang bisa menghasilkan pemasukan buat pengelola. Kalau tidak ada, uangnya dari mana? APBN? atau Pertamina suruh ngucurin uang terus? Ya nggak bisa, jadi harus bisa sendiri untuk membiayai," kata Agus.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Indonesia mendapat kontrak 10 tahun untuk menggelar MotoGP dari penyelenggara, Dorna. Terlepas dari kekhawatiran tersebut, Mandalika juga bisa dijamin akan terus ramai, karena akan banyaknya rencana acara dan pembangunan di sana.

Di sisi lain, Sirkuit Mandalika sendiri akan tetap dipelihara dengan terus dipergunakan sebagaimana mestinya. Pembersihan lintasan juga akan tetap dilakukan.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengatakan bahwa pihaknya akan secara rutin merawat dan menjaga Sirkuit Mandalika.

"Satu-satunya cara memelihara lintasan adalah dengan dipergunakan supaya lintasannya bersih dari debu, dan juga secara rutin kita akan agendakan alat-alat berat kita, kan ada sapu sweeper ya sikat yang muter di kendaraan, itu akan kita pakai untuk membersihkan permukaan lintasan," ujar Andhi saat dihubungi detikcom, Senin (21/3/2022).



Simak Video "Indahnya Sirkuit Mandalika Dipandang dari Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)