ADVERTISEMENT

Dua Tahun THR PNS Tanpa Tukin, 2022 Gimana?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 05 Apr 2022 09:53 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) sudah dua tahun diberikan tanpa memasukkan perhitungan tunjangan kinerja (tukin). Keduanya diberikan hanya berdasarkan gaji pokok dan tunjangan melekat.

Di 2022, pemerintah telah memastikan akan tetap memberikan THR dan gaji ke-13 karena sudah termasuk dalam program tahunan untuk meningkatkan daya beli. Rencana pemberian itu telah disampaikan dalam dokumen RAPBN 2022 tepatnya di bagian Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) TA 2022 dalam belanja pegawai.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan pemberian THR PNS 2022 sudah direncanakan dan jadwal pencairannya akan sesuai dengan kebiasaan sebelumnya.

"Yang pasti (THR PNS) sudah direncanakan dan akan sesuai dengan kebiasaan yang ada," kata Yustinus kepada detikcom, Selasa (5/4/2022).

Sekadar informasi, tahun lalu jadwal pencairan THR PNS sudah dimulai sejak H-10 sebelum Lebaran. Sayangnya saat ditanya perhitungannya tanpa tukin atau tidak, pihaknya belum mau membocorkannya dan meminta menunggu sampai saatnya tiba diumumkan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwata pernah mengatakan bahwa perhitungan THR PNS 2022 kemungkinan akan sama dengan tahun lalu alias tanpa memasukan perhitungan tukin. Hal itu karena pemerintah masih fokuskan anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19.

"Di dalam RAPBN 2022, kebijakan untuk THR dan gaji ke-13 saat ini sama dengan tahun 2021," ujar Isa dikutip dari CNBC Indonesia.

THR PNS Dua Tahun Lalu

THR dan Gaji PNS ke-13 tahun 2020-2021 diberikan tanpa tukin. Hal itu dilakukan pemerintah karena anggarannya dialihkan untuk penanganan pandemi COVID-19.

Pada 2021, pemangkasan tukin pada THR dan gaji ke-13 dapat menghemat anggaran sebesar Rp 12,3 triliun. Jumlah itu menambah anggaran pemerintah untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pada 2020, besaran gaji THR PNS juga hanya diberikan dengan perhitungan gaji pokok dan tunjangan melekat. Bahkan pemberiannya hanya untuk PNS eselon III ke bawah.



Simak Video "Nggak Boleh Tawar-menawar! Berikut Sederet Aturan Pemberian THR"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT