Bikin Ginjal Bergetar, Segini Tarif Mudik Pakai Kereta 'Sultan'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 05 Apr 2022 10:59 WIB
Kereta Wisata KAI
Foto: (dok KAI)
Jakarta -

PT Kereta Api Pariwisata mengerahkan sejumlah kereta 'sultan' untuk mudik tahun ini. Kereta tersebut melayani penumpang dengan pola charter atau sewa dan perorangan.

"Untuk Mudik Tahun 2022 Kereta Wisata melayani para penumpang yang akan mudik dengan kereta wisata melalui pola charter atau sewa dan pola fit (perorangan)," kata Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar kepada detikcom, Selasa (5/4/2022).

Rangkaian kereta yang disediakan antara lain tipe Nusantara, Sumatera, Jawa, Bali, Toraja, Priority dan Kereta Istimewa.

Kereta wisata tipe Nusantara, Sumatera dan Jawa masuk kelompok non Priority. Tipe kereta ini memiliki kapasitas antara 19 hingga 22 penumpang. Adapun tarif pola charter untuk perjalanan dari Stasiun Gambir ke Bandung senilai Rp 26,5 juta, Gambir ke Semarang Rp 32 juta, Gambir ke Yogyakarta 33,5 juta, dan Gambir ke Surabaya Rp 37 juta.

Kemudian, untuk kereta wisata tipe Priority tarifnya yakni Gambir ke Bandung Rp 28 juta, Gambir ke Semarang Rp 33,5 juta. Gambir ke Yogyakarta Rp 35 juta dan Gambir ke Surabaya Rp 39,5 juta. Kereta ini memiliki kapasitas 30 penumpang.

Tipe kereta Istimewa memiliki kapasitas yang lebih besar yakni mencapai 40 penumpang. Untuk tarifnya, rute Gambir-Bandung dibanderol dengan harga Rp 80 juta, Gambir-Semarang Rp 119,5 juta, Gambir-Yogyakarta Rp 128 juta, Gambir-Surabaya Turi Rp 160 juta.

Sebagai tambahan, tarif tersebut merupakan tarif sekali jalan. Tarif ini belum termasuk PPN 10%. Selain rute di atas, ada beberapa rute lain yang tersedia dengan tarif yang beragam.



Simak Video "Selain Kendaraan Pribadi, Masyarakat Juga Senang Mudik Naik Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)