Gula di Pasar Tembus Rp 15.000/Kg, Mau yang Lebih Murah di Toko Ritel

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 18:04 WIB
Harga gula di pasar tembus Rp 15.000/kg
Foto: Aulia Damayanti/detikcom
Jakarta -

Stok gula di pasaran aman, namun harganya kini di atas Rp 12.500/Kg seperti sebelumnya. Berdasarkan pantauan di Pasar Tebet Timur Jakarta Selatan, para pedagang menjual gula pasir seharga Rp 15.000 per kilogram.

Menanggapi hal itu, Kementerian Perdagangan mengatakan masyarakat memiliki opsi untuk membeli gula terjangkau di ritel modern. Sebab harga di sana merata Rp 13.500/kg untuk semua merek.

"Betul, tetapi perlu diingat masyarakat tetap mendapatkan opsi untuk memperoleh harga gula yg terjangkau melalui ritel modern," ungkap Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan kepada detikcom, Kamis (7/4/2022).

Terkait harga acuan untuk gula, menurut Oke, saat ini sudah diatur mengenai harga acuan gula pasir Rp 13.500/kg.

"Sudah ada edaran Dirjen yang mengizinkan ritel modern menjual dengan harga Rp 13.500/kg," katanya.

Oke menjelaskan bahwa harga acuan itu memang tetap dapat mengikuti mekanisme pasar. Sehingga bisa saja harganya di atas harga acuran yang ditetapkan, seperti yang terjadi di pasar.

"Harga Rp 13.500/kg adalah harga acuan sehingga pelaku perdagangan tetap dapat mengikuti mekanisme pasar. Sementara Ritel modern yg menjual dengan harga acuan perlu diapresiasi sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengendalikan harga di tingkat harga yg terjangkau," jelasnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik