ADVERTISEMENT

Siap-siap! Mudik Naik Kereta Bisa Bawa Motor Gratis

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 08 Apr 2022 11:23 WIB
Jakarta -

Berbagai langkah tengah disiapkan pemerintah untuk memperlancar mudik tahun ini. Salah satu yang disiapkan adalah pengangkutan motor gratis untuk mudik.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, setelah dua tahun presiden telah memutuskan masyarakat boleh melaksanakan mudik lebaran tahun ini. Oleh karena itu, ia meminta kegiatan ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan, sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api. Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan, sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Jumat (8/4/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah penumpang yang naik kereta api diprediksi mencapai 8 juta penumpang. Untuk itu, ia meminta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik.

"Seperti ramp check, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakan upaya yang baik dan Insyaallah kita bisa mengawal itu," kata Budi.

Terkait usulan mudik gratis, dia mengungkapkan akan menyelenggarakan program mudik gratis tidak hanya dengan kereta api, tapi juga dengan bus (untuk penumpang) dan truk (untuk mengangkut sepeda motor).

"Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," katanya.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT