ADVERTISEMENT

Ingat! PNS hingga Pegawai BUMN Tak Dapat BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 08 Apr 2022 21:08 WIB
Pencairan dan BST Rp 300 ribu digelar serentak di 13 RW yang berada di kawasan Depok, Jawa Barat. Warga pun antusias mencairkan bantuan sosial tunai tersebut.
Ilustrasi BLT Rp 300 ribuFoto: Dedy Istanto/Detikcom
Jakarta -

Bantuan Langsung Tunai atau BLT minyak goreng sebesar Rp 300 ribu cair bertahap mulai minggu depan sampai sebelum Lebaran. Pemerintah memastikan penyalurannya tepat sasaran.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat menjelaskan penerima BLT minyak goreng sebanyak 20,65 juta orang adalah yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) khususnya penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk memastikan data itu valid, pihaknya telah melakukan upaya verifikasi terus-menerus.

"Jadi kalau dulu kita minimal 2 tahun sekali, sekarang setiap bulan Mensos telah menetapkan DTKS sesuai hasil updating terbaru dan itu sudah berbasis by name by address dan datanya padan dengan data Dukcapil untuk NIK maupun nomor Kartu Keluarga," kata Harry dalam media briefing BLT minyak goreng, Jumat (8/4/2022).

Selain itu saat ini DTKS telah dilengkapi foto penerima bantuan termasuk kondisi rumahnya melalui geo-tagging dan dilakukan secara langsung pada saat dilakukan penyaluran bantuan sosial lain.

"Sehingga sekarang kelengkapan DTKS sudah lebih baik ada foto-foto dari penerima, rumah dari penerima manfaat baik sembako maupun PKH. Dikarenakan data BLT minyak goreng menggunakan (data) PKH dan sembako, maka kami yakin bahwa ketepatan sasaran akan lebih baik," bebernya.

Jika ada hal-hal yang dianggap kurang tepat di lapangan masyarakat dapat melaporkannya melalui aplikasi cek bansos yang terintegrasi dalam sistem informasi kesejahteraan sosial.

"Di cek bansos itu bisa dipastikan nanti ada aplikasi usul sanggah jadi kalau nanti ditemukan oleh masyarakat BLT minyak goreng ini kurang tepat sasaran, maka bisa disampaikan sanggahan dalam aplikasi cek bansos itu. Termasuk ke depan kalau ada masyarakat sangat miskin yang layak untuk menerima, itu perlu juga diajukan melalui cek bansos," imbuhnya.

Halaman berikutnya tentang penerima BLT minyak goreng bukan PNS hingga pegawai BUMN. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT